Khasiat Buah Kering

By dedeayu, Senin, 7 September 2015 | 17:00 WIB
Khasiat Buah Kering (dedeayu)

      SajianSedap.com - Buah kering sudah ada sejak lama. Menurut sejarah, teknik mengeringkan buah telah dilakukan di Timur Tengah sejak 5000 tahun yang lalu, dengan tujuan untuk memperpanjang masa simpan buah. Jaman dulu, proses pengeringan buah dilakukan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Tapi sekarang, proses pengeringan dilakukan dengan menggunakan mesin pengering khusus untuk mempertahankan citarasa dan aroma khas buah.

      Meskipun telah mengalami proses pengeringan, bukan berarti nutrisi yang terkandung di dalam buah menjadi hilang. Nutrisinya masih tersimpan baik, sehingga buah kering tetap berkhasiat bagi kesehatan. Apa saja khasiat buah kering?

Kismis      Kismis adalah buah anggur yang telah dikeringkan. Kismis merupakan sumber zat besi yang paling baik untuk tubuh. Kismis juga merupakan sumber oleanolic acid makanan, yang melindungi email gigi dan jaringan gusi.

      Selain itu, kismis pun mengandung senyawa-senyawa antibakteri yang mencegah gingivitis, sejenis penyakit inflammatory gusi yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, karena kuman di dalam gusi dapat mencari jalan masuk ke dalam aliran darah.      

      Satu lagi, kismis memiliki kandungan serat yang larut ataupun tidak larut, dapat membantu sIstem pencernaan dan mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh.

Kurma      Kurma mengandung karbohidrat yang tinggi. Tiga buah kurma mampu memberi 96 kalori. Itu sebabnya, sehabis berpuasa sangat baik jika memakan kurma ketika berbuka, agar energi tubuh yang hilang cepat kembali.

      Kurma juga mengandung kalsium dan magnesium yang seimbang, yang bekerja secara harmonis untuk menenangkan sistem saraf. Selain itu, kurma pun mengandung potassium yang tinggi, yang sangat berguna untuk mengatur denyut jantung dan pernafasan.

      Kelebihan kurma lainnya adalah memiliki antioksidan tertinggi dibanding buah kering yang lain.

Ceri      Ceri juga memiliki potassium yang tinggi, serta mengandung vitamin A yang tinggi pula. Ceri sangat baik dimakan, terutama menjelang tidur. Sebab, ceri yang dikeringkan mengandung banyak melatonin yang membantu kita untuk cepat tidur. Menurut riset dari Michigan State University, makan 20 buah ceri kering sebelum tidur sangat membantu untuk mengatasi masalah insomnia.

      Sementara itu, beberapa penelitian juga menyebutkan makan lebih dari 45 buah ceri kering dapat meredakan sakit arthritis atau radang sendi.Cranberry/ Craisin      Cranberry mengandung phytonutrient ajaib yang sangat ampuh membunuh bakteri. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa makan 1/3 cup cranberry kering per hari dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai bakteri, termasuk bakteri strain yang kebal obat, yang menjadi penyebab ulcer, infeksi saluran kemih, plak arterial, infeksi staph, dan gigi berlubang.

      Cranberry kering juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta memiliki sifat antikanker. Itu sebabnya, makan cranberry kering setiap hari bisa membantu mencegah resiko terkena kanker.

Aprikot       Aprikot kering mengandung zat besi, potassium, beta karotena, dan serat yang sangat tinggi. Selain itu, aprikot kering juga mengandung vitamin A dan C, kalium, serta antioksidan.