Makanan untuk Kesehatan Payudara

By dedeayu, Kamis, 17 September 2015 | 17:00 WIB
Makanan untuk Kesehatan Payudara (dedeayu)

SajianSedap.com - Sebagai organ tubuh yang sangat penting, payudara harus dirawat sebaik mungkin. Bukan hanya menjaga keindahan bentuknya, tapi juga menjaga kesehatannya.

Kanker payudara menjadi satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai oleh setiap wanita. Sebelum penyakit tersebut datang menghampiri, sebaiknya kita berupaya semaksimal mungkin untuk mencegahnya.

Selain menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan pemeriksaan secara berkala, kita dapat mengontrol pola makan untuk menghindarinya. Berikut beberapa makanan untuk kesehatan payudara.

Kacang

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011 mengatakan bahwa mengonsumsi satu cangkir kacang atau satu genggam kacang setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga tujuh persen. Sebab, kandungan serat dalam kacang yang dapat membantu memerangi kanker payudara. Selain kacang, kita juga bisa mendapatkan serat dari gandum, buah, dan sayuran.

Teh Hijau

Teh, khususnya teh hijau, mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kanker payudara. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health's National Cancer Institute pada tahun 2012 menemukan bahwa orang yang minum satu cangkir teh hijau setiap hari memiliki kadar karsinogen yang lebih sedikit dibanding yang tidak meminumnya.

Salmon

Ikan super yang satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan Omega 3-nya bahkan mampu mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 14 persen. Salmon juga baik untuk kesehatan jantung. American Heart Association bahkan merekomendasikan untuk mengonsumsi salmon dua kali seminggu. Bila sulit untuk mendapatkan salmon, kita bisa menggantinya dengan sarden atau makerel.

Walnut

Jenis kacang yang satu ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker payudara. Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran, Universitas Marshall, Amerika Serikat, pada tahun 2008. Mengonsumsi walnut setiap hari juga dapat mengecilkan tumor yang ada di payudara.

Sereal