Ragam Variasi Bakso di Dunia (Bagian 3)

By nisa, Minggu, 21 Februari 2016 | 17:00 WIB
Ragam Variasi Bakso di Dunia (Bagian 3) (nisa)

      SajianSedap.com – Makanan yang dibuat dari daging cincang ini dibentuk menjadi bola-bola dan bisa disajikan menggunakan kuah kaldu, aneka pasta atau hanya dengan saus tomat kental. Ragam variasi bakso di dunia juga memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri masing-masing negara asalnya.

Italian-American Meatballs

      Bakso klasik Amerika ini memiliki karakteristik yang lembut dengan bercak remah roti dan berbumbu. Bakso ini mendapat pengaruh dari warga imigran Italia di New York. Awalnya, mereka menyajikan bakso berukuran di atas spaghetti dengan saus tomat. Tapi, lama kelamaan bakso memiliki ukuran lebih besar, saus tomat lebih tebal, dan masih disajikan di atas spaghetti, hidangan dasar dari masakan Italia-Amerika. Namun, seiring berjalannya waktu, bakso ini menambahkan lelehan mozzarella pada bagian atasnya.

Lion’s Head

      Berasal dari provinsi Cina timur Jiangsu, bakso besar ini dibuat dari campuran daging babi, cincang lemak dan air chestnut. Lion’s head selalu disajikan dengan kubis. Karakteristik bakso ini lembut dan empuk, tidak seperti bakso ikan klasik lainnya. Bakso ini dibuat dengan tambahan bumbu, seperti jahe, anggur beras, dan minyak wijen. Cara mematangkan bakso, cukup dengan meletakkan bakso di dalam panci berisi kuah yang dipanaskan hingga mendidih dan matang.

Bakso

      Hidangan asal Indonesia ini mendapat pengaruh dari imigran Cina. Pada awalnya bakso dibuat dari bola-bola daging sapi dan ikan. Bakso dibuat dari surimi, semacam pasta daging yang memberikan tekstur kenyal. Kini, bakso juga bisa dibuat dengan daging sapi, ayam, babi, atau ikan, dan hampir selalu disajikan dengan kaldu bening dengan mie dan berbagai perlengkapan seperti bawang merah goreng dan tauge.

Bò Viên

      Bo viên adalah warisan dari pengaruh kuliner dari imigran Cina. Bakso disajikan dalam sup. Bakso ini dibuat dari daging sapi, ayam, atau babi cincang, kemudian dimasak menjadi bola kenyal.

Chinese Fish Balls

      Cina telah membuat bakso ikan selama berabad-abad. Bakso ikan ini dapat disajikan dalam sup atau panci panas dengan rasa pedas. Bakso ikan yang dibuat dari pasta daging ikan ini memiliki tekstur yang jauh lebih ringan, konsistensi halus daripada yang dibuat dari daging lainnya.

Bun Cha