Khasiat Rempah sebagai Obat-obatan

By dini, Minggu, 17 April 2016 | 17:00 WIB
Khasiat Rempah sebagai Obat-obatan (dini)

      SajianSedap.com - Warisan dari orang-orang tua kita dulu seringkali memberi manfaat yang begitu besar untuk tubuh kita. Salah satunya penggunaan bumbu masak atau rempah-rempah sebagai obat tradisional. Tak heran, hal ini dianggap sebagai kearifan lokal yang layak untuk dilestarikan.

      Nah, jika Anda mengalami gangguan kesehatan ringan, tak ada salahnya mencoba menggunakan rempah sebagai obat-obatan dari dapur Anda sendiri, seperti:

Kunyit

      Kunyit atau kunir biasa menjadi bumbu untuk membuat gulai. Namun, kunyit ternyata juga bisa menjadi sumber obat yang banyak sekali kegunaannya berkat kandungan kurkuminoid-nya. Air perasan kunyit dapat mengobati panas atau demam. Untuk gangguan kesehatan yang sedikit berat, kunyit juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, meredakan gatal karena cacar air, masalah pencernaan, mengobati luka, dan mencegah infeksi.

Jahe

       Rimpang ini juga tak kalah manfaatnya untuk mengusir hawa dingin. Jahe yang memiliki kandungan gingerol juga dapat menjadi obat antiperadangan, selain dapat meredakan perut kembung, melancarkan peredaran darah, mengurangi batuk, menurunkan kolesterol, anti alergi, dan masih banyak lagi.

Kencur

       Selain menjadi bumbu khas dalam membuat urap atau karedok, kencur juga bisa dijadikan jamu tradisional. Manfaatnya untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan, dan penambah nafsu makan. Sementara kandungan minyak atsiri di dalamnya dapat mengobati sakit kepala.

Daun Salam

       Daun yang memiliki aroma khas ini banyak digunakan dalam berbagai macam jenis masakan. Kandungan minyak atsiri banyak memiliki manfaat, begitu pula kandungan ekstrak etanol yang berfungsi sebagai zat antijamur dan antibakteri. Selain dapat menjadi obat diare dan maag, daun salam juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Serai

       Serai atau sereh biasanya menjadi salah satu syarat dalam membuat sambal matah. Kandungan minyak atsiri yang tinggi menjadi sumber pengobatan tersendiri. Manfaat serai dalam tubuh dapat meningkatkan fungsi sistem syaraf,  menghilangkan jerawat dan penyegar untuk kulit, selain dapat mengobati gangguan pencernaan dan mengobati infeksi pada kulit.