Jenis Rebung dan Cara Mengolahnya

By dini, Sabtu, 12 Maret 2016 | 17:00 WIB
Jenis Rebung dan Cara Mengolahnya (dini)

      SajianSedap.com – Musim hujan seperti sekarang ini tepat sekali jika kita mengolah rebung. Sebab bambu yang masih berbentuk tunas ini sering muncul saat musim penghujan tiba. Sebenarnya jenis rebung dari bambu apa saja yang dapat diolah menjadi hidangan? Apakah semua jenis bambu dapat diolah rebungnya, atau hanya jenis bambu tertentu saja? Apa perbedaan rebung kuning dan rebung putih? Caritahu cara mengolah rebung agar masakan Anda makin lezat.

Baca resep: Lumpia Semarang

Rebung dari Bambu Betung

      Rebung dari jenis bambu betung, petung, atau bamboo ori ini termasuk ke dalam rebung putih. Jenis bambu musiman ini memiliki diameter besar jika dibandingkan dengan jenis bambu yang lain. Rebungnya pun memiliki ukuran yang sangat besar. Cara mengolahnya biasanya dengan disisir atau diserut tipis, kemudian direbus. Bambu ini sebaiknya direbus lebih dari sekali untuk mengurangi aroma langunya. Untuk rebusan terakhir, masukkan daun salam agar aromanya lebih harum. Setelah itu rebung siap digunakan untuk membuat masakan.

Baca resep: Daging Tumis Rebung Bumbu Padang

Rebung dari Bambu Kuning

      Berasal dari jenis bambu kuning atau nama latinnya Bambusa vulgaris. Termasuk jenis yang enak untuk dikonsumsi, dan bukan jenis rebung musiman sehingga tersedia sepanjang tahun. Tekstur daging rebung jenis ini lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Aromanya pun lebih harum, sehingga saat merebusnya tak memerlukan waktu yang lama dan tak perlu pengulangan proses perebusannya.

Baca resep: Pastel Goreng Rebung

Rebung dari Bambu Wulung

      Rebung dari bambu wulung ini memiliki warna kebiruan agak hitam saat kulitnya belum dikupas. Karena warnanya itulah mengapa bambu ini dinamakan wulung. Bambunya sering digunakan sebagai bahan kerajinan. Rebung jenis ini juga enak dikonsumsi, hanya saja proses perebusannya harus berulangkali untuk mengurangi aroma langunya. Untuk menghilangkan bau pesing pada rebung, bisa juga merebus rebung beberapa kali dengan daun salam, daun jeruk, dan serai, beberapa kali.

Baca resep: Tahu Goreng Isi Rebung

Rebung dari Bambu Ampel