Aneka Takjil Khas Bandung

By nisa, Senin, 20 Juni 2016 | 17:00 WIB
Aneka Takjil Khas Bandung (nisa)

      SajianSedap.com – Seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, Bandung juga memiliki aneka takjil yang lezat untuk berbuka puasa. Apa saja takjil khas Bandung tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.Brownies Kukus       Brownies kukus sudah menjadi ikon tersendiri bagi kota Bandung. Bahkan, seringkali menjadi oleh-oleh khas Bandung. Namun, tidak ada salahnya jika Anda berbuka puasa dengan brownies kukus. Rasanya yang manis dan cukup mengenyangkan, akan memberi energi pada tubuh setelah menahan lapar seharian.

Baca juga: Kesalahan Saat Membuat Brownis

Brownies Almond Cup

Brownies Cheese Cake

Colenak       Colenak sebenarnya adalah singkatan dari dicocol enak. Sesuai dengan namanya, cara mengonsumsi makanan yang satu ini adalah dengan cara dicocok ke saus. Saus Colenak dibuat dari gula merah dan parutan kelapa. Makanan yang dicocol ke saus tersebut adalah peuyeum atau tapai singkong yang dibakar.Es Campur Oyen       Es Campur Oyen berisi beragam buah, yakni alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka, es parut, dan susu kental manis. Sekilas mirip dengan Es Campur.

Baca juga: Beda Es Teler dan Es Campur

Es Campur Istimewa

Es Campur ala Doger

Es Cendol       Es Cendol adalah minuman dingin khas Bandung yang dibuat dari campuran tepung beras dan daun suji. Saat disajikan, Es Cendol biasanya ditambah dengan santan, gula merah cair, es, ketan hitam, irisan nangka, dan potongan tapai singkong.       Es Cendol yang paling terkenal di Bandung adalah Es Cendol Elizabeth, yang dirintis Rokhman sejak tahun 1984. Dinamai Es Cendol Elizabeth, karena saat pertama kali dijual es ini dijajakan di Jalan Otista, Bandung, tepat di depat toko tas Elizabeth. Ketika bulan puasa, Es Cendol Elizabeth akan sangat mudah ditemui di sepanjang jalan protokol kota Bandung.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Asal Usul Cendol

Membuat Cendol dengan Benar

Lapis Cendol