Aneka Masakan Kambing Timur Tengah

By dedeayu, Selasa, 6 September 2016 | 17:00 WIB
Aneka Masakan Kambing Timur Tengah (dedeayu)

      SajianSedap.com – Ciri khas masakan kambing dari Timur Tengah adalah kekayaan rasa rempahnya. Paduan berbagai bumbu tidak hanya membuat rasa kambing semakin lezat, tapi juga membuat aroma kambing yang prengus dan tidak sedap pun tersamarkan.

      Anda berniat untuk memasak hidangan kambing khas Timur Tengah di Hari Raya Idul Adha nanti? Contek inspirasi hidangan daging kambing dari Timur Tengah berikut ini.

Rogan Josh – India

       Rogan Josh berasal dari bahasa Persia yang berarti “dimasak dengan intens di dalam minyak”.  Hidangan India ini berisi potongan kambing empuk yang dimasak dalam saus merah kental. Sausnya terbuat dari bawang bombay atau bawang merah yang dikaramelkan, yogurt, bawang putih, jahe, cengkeh, daun bay, kapulaga, dan kayumanis. Warna merah Rogan Josh asli berasal dari cabai Kashmiri dan akar alkanet. Namun, kini banyak versi modern Rogan Josh yang menggunakan tomat dan paprika sebagai sumber warna merah.

Lamb Tagine – Maroko

      Lamb Tagine adalah hidangan kambing bersaus khas Maroko yang dimasak dengan metode slow-cook menggunakan panci bertutup khusus. Bentuk tutupnya hampir kerucut dan berfungsi untuk menjaga kelembaban hidangan. Teksturnya sangat lembut dan rasanya merupakan paduan antara manis dan gurih. Rasa gurih datang dari rempah-rempah seperti lada cayenne, lada hitam, paprika, jahe, kunyit, kayu manis, dan bawang-bawangan. Sementara, rasa manis datang dari sari tomat, madu, acar lemon, serta buah-buahan kering seperti aprikot dan sultana.

Shish Kebab – Turki

       Jika membahas hidangan kambing khas Turki, tidak afdol rasanya apabila kita tidak membahas kebab. Salah satu jenis kebab Turki yang paling terkenal adalah shish kebab. Kebab ini terbuat dari potongan-potongan daging kambing yang dimarinasi semalaman dan dicampuran bumbu yang minimalis seperti yogurt, minyak zaitun, bawang putih, lada Aleppo, garam, serta lada hitam. Daging berbumbu kemudian ditusuk menggunakan tusuk khusus berbentuk pipih, lalu dibakar.

Mandi Laham – Arab

 

      Pecinta nasi pasti akan menyukai hidangan ini. Mandi laham adalah hidangan Arab dari nasi basmati dan daging kambing yang dimasak menggunakan wadah  tanah liat yang  tertutup (tandoor). Di negara asalnya, nasi dan kambing ini dimasak di dalam tanah dan kemudian ditutupi dengan tanah liat. Bumbunya terdiri dari kapulaga, cengkeh, lada, kemiri, daun bay, lemon, dan bumbu-bumbu lainnya. Agar lebih lezat, mandi laham dilengkapi juga dengan sayuran seperti wortel dan zaitun, kacang-kacangan seperti almond, juga buah kering seperti aprikot dan sultana.

      Nah, itulah berbagai hidangan kambing asal Timur Tengah, Sobat SaSe. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? (DV/ dari berbagai sumber)