Aneka Bahan Minuman Herbal

By dina, Minggu, 18 September 2016 | 17:00 WIB
Aneka Bahan Minuman Herbal (dina)

      SajianSedap.com – Tak hanya kunyit, kencur, dan temulawak, ada banyak bahan minuman herbal lainnya yang bisa anda eksplor. Selain menyehatkan, bahan-bahan tersebut juga memiliki rasa yang enak.

      Berikut ini adalah macam bahan alami yang bisa diolah menjadi minuman yang sehat.

Serai

      Minuman serai bisa Anda siapkan dengan mudah di rumah. Caranya adalah dengan memotong-motong batangnya sepanjang 5-7 cm dan menggepreknya agar minyak atsiri di dalam serai keluar. Rebus dengan api kecil selama 20 menit. Sajikan bersama gula palem.

Alang-Alang

      Alang-alang mempunyai khasiat mendinginkan tubuh dan menyembuhkan panas dalam. Untuk mengolahnya menjadi minuman, cuci akarnya yang menggembung, lalu jemur hingga kering. Tumbuklah sampai halus menjadi bubuk dan seduh dengan air.

Asam Jawa

      Asam jawa dapat melancarkan metabolisme tubuh dan mengurangi kandungan kapur dalam tubuh. Untuk membuatnya menjadi minuman, rebus daging buah dengan air hingga menjadi cairan kental, lalu saring. Hidangkan dengan cara dicampur air dan sirup gula merah.

Rosela

      Rosela kering banyak dijual sebagai bahan minuman herbal. Jika mempunyai tanaman ini di rumah, petik bunganya dan jemur sampai kering. Seduhlah dengan air panas seperti menyeduh teh. Rasanya asam segar. Teh bunga ini juga manjur untuk mengobati darah tinggi.

Jahe Merah