Sumbangan Makanan yang Cocok untuk Bencana Alam

By dina, Kamis, 22 September 2016 | 17:00 WIB
Sumbangan Makanan yang Cocok untuk Bencana Alam (dina)

      SajianSedap.com – Jika kita bingung memikirkan jenis sumbangan makanan yang cocok untuk bencana alam, pikirkanlah sesuatu yang praktis. Orang yang sedang terkena musibah bencana alam biasa dievakuasi di sebuah balai atau tenda berkapasitas tinggi. Makanan yang mudah dikonsumsi dan cepat memberikan energi menjadi prioritas utama jenis sumbangan makanan.

      Inilah jenis makanan yang paling praktis untuk disumbangkan.

Mi Instan

      Ini merupakan jenis makanan yang paling sering disumbangkan kepada korban bencana alam karena kepraktisannya. Ia mudah dikemas dan dibagi-bagikan. Mi instan, terutama mi rebus, juga memberi perasaan hangat di tubuh, apalagi jika bencananya adalah banjir atau angin puyuh. Tapi hati-hati, jenis makanan ini kurang bergizi dan agak sulit untuk dimasak.

Nasi Bungkus

      Makanan ini paling berguna untuk dibagi-bagikan kepada korban bencana alam. Nasi bungkus juga lebih mudah untuk dikonsumsi dibandingkan mi instan karena tidak membutuhkan proses memasak. Sumbangkanlah nasi bungkus dengan pilihan lauk yang lengkap dan bergizi seperti nasi dengan sayur dan tempe, ayam, atau telur.

Roti

     Roti adalah makanan yang praktis dan tinggi karbohidrat. Ia cukup mengenyangkan sehingga memberi energi lebih bagi yang mengonsumsinya. Pilihlah roti isi dengan kemasan sekali makan.

Buah-Buahan

      Korban bencana alam membutuhkan  makanan yang bernutrisi. Buah-buahan bisa menjadi pilihan makanan untuk disumbangkan. Berikan buah-buahan yang mengandung kadar gula dan karbohidrat tinggi seperti pisang dan kurma.

Minuman

      Selain makanan, sumbangkanlah air mineral dalam kemasan gelas atau botol agar korban tidak dehidrasi. Kita juga bisa menyumbangkan susu. Susu sangat dibutuhkan di saat bencana alam, terutama oleh korban yang masih anak-anak. Berikanlah susu dalam kemasan kotak sekali minum.