Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

By dina, Minggu, 25 September 2016 | 17:00 WIB
Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata (dina)

      SajianSedap.com – Jika ingin penglihatan selalu prima, konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan mata kita. Tidak hanya wortel dan beta karotennya. Banyak makanan dengan berbagai zat aktif berbeda yang juga berkhasiat baik untuk mata kita.

      Apa sajakah makanan-makanan tersebut? Yuk, kita tengok.

Sayuran Hijau

      Sayuran hijau merupakan makanan yang tinggi akan dua jenis pigmen karotenoid yang ampuh untuk kesehatan mata, yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis karotenoid ini dapat mencegah degenerasi atau kerusakan makula (jaringan kecil yang sensitif akan cahaya dan terletak di retina). Zat-zat tersebut juga dapat mencegah katarak.

Ikan Berlemak

      Ikan berlemak, terutama ikan liar yang ditangkap di lautan bersuhu dingin, kaya akan kandungan DHA, asam lemak omega-3  yang terkonsentrasi di bagian retina mata kita. Memakan hidangan yang kaya akan kandungan DHA dapat mencegah sindrom mata kering. Seperti halnya lutein dan zeaxanthin, DHA juga dapat mencegah degenerasi makula dan katarak. Jenis-jenis ikan yang kaya akan zat ini adalah salmon, tuna, sarden, dan makerel. DHA juga ditemukan di minyak biji blackcurrant dan minyak biji flax.

Buah Beri Hitam

      Buah beri yang berwarna ungu kehitaman seperti blackcurrant dan bilberi mengandung antosianin yang tinggi. Antosianin merupakan flavonoid dan khasiat antioksidannya sangat banyak untuk tubuh kita. Bagi mata, khususnya, antosianin dapat melindungi fungsi penglihatan pada saat inflamasi retina. Buah beri hitam ini lebih baik dimakan segar agar khasiatnya lebih sempurna, namun jika tidak dapat menemukannya, kita dapat mengonsumsi buah ini dalam bentuk suplemen.

Kacang-Kacangan

      Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk melindungi berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan mata. Konsumsilah berbagai jenis kacang favorit Anda seperti pistachio, walnut, dan almond. Kacang almond, khususnya, mengandung vitamin E yang tinggi dan dapat bersama-sama dengan omega-3 membantu menjaga jaringan mata.

Telur

      Seperti halnya sayuran hijau, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, pigmen yang dapat mencegah degenerasi makula dan katarak. Walau tak sebanyak jumlahnya di sayuran hijau, ia lebih mudah diserap oleh tubuh. Telur juga kaya akan zat seng dan protein, zat yang berkhasiat tinggi untuk mata dan dapat bersama-sama dengan lutein dan zeaxanthin menjaga kesehatan organ penglihatan kita.