Daerah Penghasil Bawang Merah di Indonesia

By dina, Senin, 26 September 2016 | 17:00 WIB
Daerah Penghasil Bawang Merah di Indonesia (dina)

      SajianSedap.com – Daerah penghasil bawang merah di Indonesia tidak hanya satu atau dua tempat. Sebagian tanah Indonesia subur dan gembur sehingga menjadi lahan yang pas untuk menanam bawang merah. Jika berkunjung ke tempat-tempat berikut ini, ingat selalu bawang merah, ya, Sobat SaSe. Dijamin kualitasnya tidak kalah dengan bawang merah impor. Bawang merah Indonesia memang terlihat kecil dan tidak begitu menarik. Tapi, rasa dan aromanya mengalahkan bawang merah dari negara-negara lain.

      Inilah daerah penghasil bawang merah di Indonesia.

Brebes

      Jika memikirkan tentang daerah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, kota ini pasti jadi kota yang pertama kali terbersit di benak kita. Tidak heran, mayoritas petani di daerah ini menggantungkan hidupnya dari panen bawang merah. 11 dari 17 kecamatan di Brebes merupakan penghasil bawang merah. Daerah ini juga menghasilkan varietas bawang merah terkenal yang lebih merah dan pedas bernama bawang Bima Brebes.

Garut

      Daerah Garut di Jawa Barat juga merupakan penghasil bawang merah. Tidak tanggung-tanggung, bawang merah di Garut ditanam di berbagai daerah seperti Cikajang, Bayongbong, Samarang, Sucinaraja. Kualitasnya juga tidak kalah saing dengan daerah penghasil bawang merah lainnya seperti Brebes dan Malang.

Malang

      Di daerah Jawa Timur, tampuk penghasil bawang merah terletak di kota Malang. Kota Malang terkenal akan pertaniannya yang maju dan iklimnya yang sejuk sehingga cocok dijadikan lahan pertanian. Jika bertandang ke kota ini, ingatlah panen bawangnya. Ternyata tidak hanya apel, ya, yang jadi panen favorit?

Enrekang

      Tidak hanya Pulau Jawa yang terkenal dengan panen bawangnya. Enrekang di Sulawesi Selatan juga merupakan penghasil bawang merah yang terkenal. Pasokan bawang di Enrekang tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan Pulau Sulawesi. Bawang merah tersebut juga dijual di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Papua.

Pesisir Selatan

       Di Sumatera Barat, Kabupaten Pesisir Selatan jadi salah satu daerah penghasil bawang merah yang paling tinggi. Namun ternyata Sumatera Barat memiliki daerah-daerah penghasil bawang merah lainnya yaitu Padang Pariaman dan Agam. Daerah yang juga dikembangkan untuk jadi penghasil bawang merah adalah Kabupaten Limapuluh Kota dan Solok Selatan.