Membuat Kulit Popia Unik ala Singapura

By dina, Rabu, 28 September 2016 | 17:00 WIB
Membuat Kulit Popia Unik ala Singapura (dina)

      SajianSedap.com – Membuat kulit popia segar sudah dilakukan oleh banyak kedai di Singapura. Makanan asal Taiwan ini memang menjadi salah satu ikon kuliner Singapura. Apalagi, terdapat sebuah kedai popia terkenal di Joo Chiat, Singapura, yang sering didatangi oleh berbagai kalangan di Singapura bahkan mancanegara.

      Jika di camilan dengan isian, bagian yang biasa menarik perhatian adalah isinya, popia ala Singapura beda lagi karena bagian menariknya terletak pada kulitnya. Bukan pada bahannya, melainkan cara pembuatannya.

Membuat Kulit Popia Unik ala Singapura

FOTO: JOEPASTRY.COM

      Kulit popia sesungguhnya terbuat dari bahan yang sederhana. Resep aslinya hanya terdiri dari satu kilogram tepung terigu, satu liter air, satu sendok teh garam, dan dua sendok makan tepung tapioka. Seluruh bahan dicampur hingga menjadi adonan yang bergumpal-gumpal.

      Setelah bahan tercampur, adonan diremas-remas dan dibanting-banting adonan hingga menjadi elastis. Tantangannya adalah bahwa adonan ini cukup basah, namun harus diolah sedemikian rupa hingga bisa menyatu menjadi bola dan menempel di tangan.

Membuat Kulit Popia Unik ala Singapura

FOTO: SGFOODANDFOOT.COM

      Kemudian, adonan diistirahatkan di lemari pendingin semalaman. Di sinilah bagian menarik akan dimulai, yaitu membuat kulit popia.Wajan crepes datar dipanaskan, lalu bola adonan diletakkan di tangan. Bola adonan kemudian dioleskan di wajan panas sehingga sebagian kecil adonan menempel di wajan. Arah olesan adonan adalah melingkar sehingga bagian luar lingkaran akan lebih kering daripada bagian tengah.

Membuat Kulit Popia Unik ala Singapura

FOTO: JOEPASTRY.COM

      Dalam waktu beberapa detik saja, adonan popiah sudah matang dan siap untuk dilepaskan dari wajan. Tidak perlu menunggu warnanya kecokelatan. Asal sudah terlihat kering saja, masih putih pun kulit popia sudah harus diangkat. Jika terlalu lama, maka ia justru menjadi garing dan kehilangan elastisitasnya.