Aneka Susu Nabati Enak dan Bergizi

By dina, Minggu, 2 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Aneka Susu Nabati Enak dan Bergizi (dina)

       SajianSedap.com – Inilah aneka susu nabati yang pas kita jadikan alternatif susu biasa. Jika selama ini titel susu nabati kerap disematkan pada susu kedelai, saatnya kita mengenal bahan nabati lainnya yang juga enak diolah menjadi susu.

      Inilah contoh aneka susu nabati yang bisa kita coba.

Susu Almond

      Susu ini sudah lazim dikonsumsi di zaman pertengahan terutama di negara-negara Timur Tengah karena tahan lebih lama daripada susu sapi. Walau kandungan vitamin D dan proteinnya lebih rendah daripada susu sapi, susu almond memiliki kalsium yang tinggi. Rasanya juga sedap. Untuk membuatnya, rendam almond hingga terhidrasi, lalu blender dengan air. Saring dengan cheesecloth.

Susu Kacang Mede

      Susu kacang mede alias cashew milk merupakan jenis susu kacang yang paling creamy dan kaya rasa. Tekstur dan rasanya paling mendekati susu sapi. Bahkan susu kacang mede bisa dibuat tanpa proses penyaringan. Dibanding susu kacang lainnya, kandungan lemaknya lebih sedikit. Namun, ia lebih mudah rusak sehingga harus dikonsumsi secepatnya.

Susu Kelapa

       Kita yang hidup di negara tropis sudah akrab dengan susu kelapa alias santan sebagai bahan hidangan asin maupun manis. Agar rasanya lebih sedap, gunakan air kelapa sebagai bahan cair untuk memeras daging kelapa parut. Namun, jangan terlalu sering mengonsumsi susu karena kadar lemak jenuhnya yang tinggi. Lebih baik gunakan sebagai campuran dessert atau olah lagi menjadi yogurt kelapa.

Susu Beras

       Melihat istilah ini, mungkin kita akan membayangkan air tajin yang identik dengan pengganti susu bagi kalangan tingkat ekonomi bawah di zaman dahulu. Namun, susu beras yang biasa dibuat dari beras merah ini kini naik kelas. Ia juga diproduksi masal di luar negeri. Untuk membuatnya sendiri, blender nasi merah, air, dan pemanis hingga halus dan rata, lalu saring dengan cheesecloth.

Susu Oat

      Oat alias havermut juga dapat dijadikan susu nabati. Bahkan ada kafe di Swedia yang khusus menjual kopi dengan susu havermut. Rasanya khas seperti semangkuk sereal havermut sehingga akan cocok dihidangkan atau dicampur dengan minuman manis. Untuk membuatnya, rendam rolled oat (havermut giling, bukan havermut siap makan) semalaman, lalu blender dengan air. Saring dengan cheesecloth.