Agar Siomay Enak, Ini Syaratnya

By dina, Rabu, 12 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Agar Siomay Enak, Ini Syaratnya (dina)

      SajianSedap.com – Jika ingin kreatif, inilah cara yang bisa kita ikuti agar siomay buatan sendiri enak dan mengundang selera. Pasti keluarga dan teman-teman yang mencicipi akan suka. Malah, ini bisa jadi peluang usaha di tengah maraknya usaha kecil. Lumayan untuk menambah uang bulanan, bukan?

      Inilah syarat dan cara yang bisa kita ikuti agar siomay kita enak.

      Pertama, tekstur ikan tidak boleh halus. Ini penting agar rasa siomay enak dan tekstur siomay beragam. Cincang kasar ikan dan jangan dihaluskan sampai seperti daging giling. Umumnya, ikan yang dipakai adalah daging ikan tenggiri. Nah, pilihlah ikan tenggiri gepeng agar teksturnya lebih lengket.

      Kedua, merupakan hal yang paling penting, yaitu rasa yang gurih. Faktor inilah yang menjamin apakah orang di sekitar kita mengakui kalau siomay kita enak rasanya. Rasa gurih didapatkan dari pemilihan bumbu yang tepat. Pemilihan ikan yang tepat juga akan mempengaruhinya, jadi pilihlah ikan yang enak dan segar. Agar rasanya lebih sedap, kita juga bisa mengombinasikan ikan dengan udang atau ayam. Hindari daging sapi karena teksturnya berbutir dan bisa membuat adonan tidak menyatu.

      Ketiga, siomay harus pas kenyalnya. Ia harus kenyal, namun tidak sampai keras. Tidak pula terlalu halus karena dalam siomay, kekenyalannya itulah yang kita cari. Untuk mencapai tekstur tersebut, kita harus menggunakan tepung sagu. Namun, tidak boleh terlalu banyak. Yang harus diuleni terlebih dahulu adalah campuran dagingnya. Uleni dalam keadaan dingin agar kenyal. Baru masukkan tepung sagu agar kenyal teksturnya dan kompak bentuknya.

      Keempat, kulit siomay tidak boleh keras. Agar mudah, belilah kulit siomay siap pakai. Bedanya dengan kulit pangsit adalah kulit pangsit berbentuk kotak sedangkan kulit siomay berbentuk bulat. Pilih kulit siomay yang tipis. Jika belum pipih, kita bisa menggilingnya sekali lagi.

      Cara untuk membuatnya lembut adalah dengan menyemprot kulit siomay dengan air sebelum dikukus. Jika tidak disemprot air, kulit siomay akan kering, keras, dan tidak enak. Semprotlah dengan sprayer di sekeliling siomay.

      Itulah cara yang bisa kita ikuti agar siomay enak. Setelah dikukus, sajikan dengan saus kesukaan Anda. Bisa dengan saus sambal, bisa juga dengan saus kacang. Selamat mencoba. (SP/DV)

Baca juga:

Agar Siomay Enak, Ini Syaratnya

Siomay Udang