Pilihan Jenis Sayur Untuk Capcay Kuah

By dina, Rabu, 12 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Pilihan Jenis Sayur Untuk Capcay Kuah (dina)

      SajianSedap.com – Mari masak hidangan sehat dengan pilihan jenis sayuran untuk capcay kuah yang tepat. Tidak hanya sehat, capcay kuah juga enak apalagi di suasana yang dingin seperti sekarang. Rasa dan bahan yang pas jadi kuncinya.

      Capcay merupakan kata bahasa Tiongkok yang secara harafiah di Bahasa Indonesia berarti sepuluh macam sayuran. Kenyataannya, ia tidak mesti terdiri dari sepuluh jenis sayuran. Bisa saja ada bahan lain yang ditambahkan di antara beberapa jenis sayuran sehingga jumlahnya menjadi sepuluh bahan. Karena berkuah, ia juga harus berkaldu. Capcay berkuah kental yang lezat bisa ditambahkan larutan tepung sagu agar kuahnya jernih.

      Contoh bahan yang bisa kita tambahkan ke capcay adalah olahan nabati seperti tahu putih atau kembang tahu. Bisa pula diselipkan unsur protein seperti udang, ikan, ayam, daging sapi, telur puyuh, hingga olahannya seperti kekian atau bakso.

      Dalam memilih sayuran untuk capcay kuah, ada dua hal penting yang harus kita perhatikan yaitu warna yang cantik dan tekstur sayuran yang kaya.

      Warna capcay yang cantik bisa didapatkan dari kombinasi warna tertentu sayuran. Pilihlah sayuran yang warnanya berbeda-beda. Untuk warna hijau, bisa gunakan brokoli, sawi, kapri, hingga caisim. Untuk warna hijau muda hingga putih, bisa gunakan kembang kol dan sawi putih. Warna oranye didapatkan dari wortel. Tomat bisa memberikan warna merah. Sementara itu, warna kuning bisa berasal dari jagung keputren. Agar ada warna yang berkesan tanah sekaligus rasa umami, bisa gunakan jamur-jamuran.

      Sementara itu, tekstur sayuran juga layaknya berbeda-beda. Ini akan memberikan sensasi yang enak di mulut kita. Umumnya, sayur-sayuran bertekstur renyah, apalagi kategori sayur krusifera seperti brokoli, kembang kol, dan kubis. Agar imbang, berikan tekstur lain yang lebih lembut seperti daun sayuran hijau yang ada di sawi dan caisim. Tekstur kenyal juga bisa kita dapatkan dari jamur-jamuran.

      Ingat, untuk menjaga warna dan tekstur sayuran, jangan memasaknya di dalam kuah terlalu lama. Nanti bahan-bahannya malah lembek dan tidak menggugah selera.

      Itulah panduan kita dalam pilihan jenis sayuran untuk capcay kuah. Mari memasaknya di rumah, Sobat SaSe. Selain bahannya murah, rasanya enak, ia juga menyehatkan. (SP/DV)

Baca juga:

Pilihan Jenis Sayur Untuk Capcay Kuah

Capcay Goreng