Aneka Jus Buah Unik untuk Akhir Pekan

By dina, Jumat, 14 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Aneka Jus Buah Unik untuk Akhir Pekan (dina)

      SajianSedap.com – Mari membuat aneka jus buah unik. Tidak perlu mencampur-campur banyak jenis buah. Negara kita dikaruniai tanah yang subur sehingga banyak tumbuhan buah yang eksotis dan enak untuk diolah jadi berbagai hidangan, termasuk minuman dan jus. Nah, mari kita manfaatkan buah-buahan tersebut.

      Inilah aneka buah yang dapat kita olah menjadi jus buah unik.

Terong Belanda

      Terong belanda merupakan buah bercita rasa asam manis. Kulit buahnya berkisar antara warna kuning kemerahan namun daging buahnya merah kehitaman. Umumnya, makin matang ia, makin gelap dan marun warna daging buahnya. Terong belanda berbentuk oval dan runcing di kedua ujungnya. Pilih buah yang besar dan tidak keras ketika disentuh.

      Banyak orang yang menyenangi jus buah yang disaring agar lebih halus. Namun, ada juga yang menyukai jus buah bertekstur kasar. Terong belanda ini halus tekstur buah dan bijinya sehingga akan hancur sempurna jika diblender. Ia tidak perlu disaring.

Kedondong

      Ini adalah buah yang sering dipotong-potong dan dijadikan bahan rujak. Namun, popularitasnya sebagai jus sudah semakin naik. Ini tidak salah mengingat rasanya yang begitu segar dan enak. Dalam memilih buah kedondong untuk dijus, jangan pilih yang semuda kedondong untuk rujak. Pilihlah yang sudah matang dan manis.

      Karena teksturnya berserat, jus kedondong harus disaring terlebih dahulu. Jika tidak, seratnya akan membuat gatal tenggorokan.

Markisa

      Ada dua jenis markisa. Markisa oranye warna bagian dalamnya putih, sementara markisa hitam bagian dalamnya kuning. Markisa hitam lebih beraroma. Ia cocok digunakan sebagai pelengkap jus dan tidak ikut diblender. Namun ia bisa juga dicampur bersama jusnya dan ikut diblender. Jika diblender sendiri, ia akan terasa kasar di tenggorokan walau rasanya sangat segar.

Kiamboy

      Sama seperti markisa, kiamboy merupakan bahan pelengkap jus. Ini merupakan asinan khas Tiongkok yang terbuat dari plum yang diasinkan dan dikeringkan. Selain ada rasa asinnya, ada juga rasa asam yang segar. Kiamboy sering dijadikan teman jus kedondong agar lebih segar dan seimbang rasanya.