Menggunakan Angkak di Dalam Masakan

By dina, Jumat, 14 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Menggunakan Angkak di Dalam Masakan (dina)

      SajianSedap.com – Menggunakan angkak di dalam masakan sangat umum apalagi dalam masakan Tiongkok. Angkak berfungsi untuk menghasilkan warna merah pada masakan. Sering, bukan, kita menemukan daging-dagingan dalam masakan Tiongkok yang berwarna merah menyala? Nah, warna itu dihasilkan secara alami dari angkak. Agar warnanya lebih keluar, bahan yang biasa digunakan adalah jenis daging putih seperti ayam, bebek, atau babi.

      Angkak merupakan beras fermentasi yang berwarna merah. Aromanya kuat dengan rasa yang agak kelat. Jika tidak diolah dengan benar, angkak bisa merusak rasa makanan kita.

      Olahlah angkak dengan cara merendamnya dahulu di air panas. Rasa pahit alami angkak akan hilang terbilas di air panas. Seduh angkak sebentar hingga air perendamnya berwarna merah. Namun, jangan merendamnya hanya satu kali saja. Buang air rendaman angkak, lalu seduh lagi di air panas. Ganti air dan rendam angkak tiga kali di air panas bersih yang berbeda-beda agar rasa pahitnya menghilang. Setelah angkak direndam, ia akan menjadi lembut. Haluskanlah angkak hingga menjadi pasta.

      Untuk menggunakannya, kita harus melumuri dahulu bahan yang akan kita olah dengan bumbu-bumbu. Biasanya, bumbu ala Tiongkok menggunakan bawang putih, jahe, dan kecap asin sebagai dasar rasanya. Setelah itu, baru baluri dengan pasta angkak serta bumbu-bumbu lain yang kita inginkan.

      Agar warna angkak meresap ke bahan, masaklah bahan di api kecil. Setelah dilumuri bumbu, rendam bahan di air, lalu jerang di kompor dengan api kecil hingga airnya berkurang. Air yang digunakan tidak boleh banyak agar bumbu yang telah dilumuri di bahan tidak larut. Ketika air surut, periksa kelembutan dan kematangan bahan. Jika belum pas, tambahkan lagi sedikit air dan masak kembali hingga airnya berkurang. Lakukan hingga bahan mencapai tingkat kematangan yang kita inginkan.

      Selain membaluri bahan dengan bumbu, kita juga bisa makin meresapkan bumbu dengan cara mendiamkan dahulu bahan selama beberapa saat. Dengan begitu, tidak hanya rasanya yang akan lebih menyerap. Warnanya juga akan lebih cantik.

      Itulah cara menggunakan angkak di dalam masakan dengan tepat. Mari praktikkan di rumah untuk hidangan yang lebih istimewa. (DV)

Baca juga:

Menggunakan Angkak di Dalam Masakan

Ikan Tim Cuka Angkak

Menggunakan Angkak di Dalam Masakan