Jenis Alat Pengupas Sayur dan Buah

By dina, Sabtu, 15 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Jenis Alat Pengupas Sayur dan Buah (dina)

      SajianSedap.com – Mari belajar mengenali jenis alat pengupas buah dan sayur. Dengan begitu, kita bisa mengetahui mana yang cocok untuk kita pakai pada bahan tertentu.

Menurut bentuknya:

Pengupas Lurus

      Jenis alat pengupas sayur dan buah ini merupakan jenis alat pengupas buah yang umumnya berukuran kecil dan praktis. Bentuknya panjang dan lurus saja. Bentuk bilahnya lurus dan paralel dengan gagangnya.

Pengupas Y

      Sesuai namanya, pengupas ini berbentuk seperti huruf Y. Bilah pisaunya berbentuk tegak lurus dengan gagangnya. Jika disimpan, ia memang agak makan tempat. Ketika digunakan untuk mengupas, limbahnya berbentuk panjang, tipis, dan lurus.

Menurut bilahnya

Swivel Blade

      Bilah pisau ini menggunakan poros sehingga fleksibel untuk digunakan. Swivel blade merupakan bilah yang dapat mengikuti pergerakan tangan kita. Ia cocok digunakan untuk mengupas buah dan sayuran yang berbentuk panjang dan lurus. Ketika menggunakannya, tangan kita tidak perlu ikut bergerak untuk menyesuaikan sudut antara pisau kita dengan bahan yang kita kupas.

Fixed Blade

      Fixed blade mengacu pada bilah pisau pengupasnya yang tidak menggunakan poros. Jadi, bilahnya tidak bisa bergerak mengikuti gerakan tangan kita. Sekilas, ia mirip dengan pisau biasa dengan bagian tengah yang berlubang panjang. Lubang ini dibentuk menonjol dan agak cembung. Bagian inilah yang kita gunakan untuk mengupas buah dan sayuran. Pengupas dengan fixed blade cocok untuk digunakan pada buah dan sayur berbentuk bulat karena lebih mantap dipegang. Ia tidak akan licin karena bilah pisaunya tidak bisa bergerak.

      Alat pengupas buah dan sayur juga ada yang dilengkapi dengan alat untuk mencungkil mata kentang. Pasalnya, kentang merupakan salah satu sayur yang sering diolah menggunakan alat ini. Dengan dikupas saja, mata kentang tidak akan menghilang. Oleh karena itulah agar mempermudah, pencungkil mata kentang disatukan dengan alat ini.