Simak Jenis-Jenis Dendeng Menurut Pengolahannya

By dina, Minggu, 16 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Simak Jenis-Jenis Dendeng Menurut Pengolahannya (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, kenali jenis-jenis dendeng. Bukan hanya dari segi bahan, pengolahannya pun berbeda. Tidak hanya membelinya, kita juga bisa membuatnya di rumah, lho. Kenali jenis-jenis dendeng melalui pengolahannya. Inilah beragam macamnya.

Dendeng Kering

      Dendeng ini teksturnya kering dan renyah. Ia dibuat dengan cara digoreng, dikeringkan, atau dibakar. Karena dendeng ini berbentuk tipis, ia tidak dimasak dahulu di bumbu tapi hanya direndam saja untuk beberapa lama hingga benar-benar meresap. Ini dapat menjaga dendeng agar bahannya tidak hancur. Bentuk dendeng yang tipis juga dimaksudkan agar dendeng lebih dapat menyerap bumbu. Jika tebal, tentu dengan direndam saja, bumbu tidak akan meresap di dendeng. Sehabis direndam, dendeng dijemur terlebih dahulu hingga kandungan airnya menghilang. Barulah ia dibakar dan digoreng.

Dendeng Basah

      Langkah awal memasak dendeng basah hampir sama dengan cara memasak rendang. Daging dimasak hingga lama dan bumbunya meresap ke dalam daging, bahkan hingga cairan benar-benar surut dan kering. Umumnya cairan yang digunakan adalah santan atau kaldu yang dicampur dengan berbagai rempah dan bumbu-bumbu. Setelah kering, dendeng kemudian digoreng. Cara menggorengnya juga bermacam-macam. Ada yang mengangkat daging dahulu baru digoreng di wajan lainnya, ada juga yang setelah cairan kering, langsung menambahkan minyak di wajan yang sama kemudian dendeng dimasak hingga tergoreng.

Dendeng Kering Bersaus

      Dendeng ini merupakan dendeng kering yang disajikan bersama saus. Dendeng kering digoreng atau dibakar dahulu hingga benar-benar matang dan renyah. Setelah itu, ia diaduk bersama saus. Biasanya, hidangan Sumatera Barat lah yang memasak dendeng kering bersaus ini. Saus yang digunakan berbahan dasar cabai misalnya, seperti dendeng saus balado atau dendeng batokok (dendeng sambal cabai hijau). Cabai yang digunakan di dendeng ini biasanya hanya ditumbuk kasar dan ditumis di banyak minyak. Tak hanya cabai, bawang pun turut ditumis. Menumisnya pun lama hingga minyak ikut pedas dan berubah warna.

      Itulah jenis-jenis dendeng menurut cara pengolahannya. Mari belajar untuk membuatnya di rumah. (DV)

Baca juga:

Simak Jenis-Jenis Dendeng Menurut Pengolahannya