Cara Membuat Overnight Oats Enak dan Mudah

By dina, Selasa, 18 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Cara Membuat Overnight Oats Enak dan Mudah (dina)

      SajianSedap.com – Untuk menghindari lupa sarapan karena kesibukan, mari ikuti cara membuat overnight oats enak dan mudah ini. Dengan mengikutinya, dijamin waktu sarapan kita lebih santai dan tidak tergesa-gesa. Rasanya yang enak juga akan membuat mood seharian jadi naik.

      Dibandingkan dengan oats yang dimasak, overnight oats memiliki lebih banyak manfaat untuk tubuh. Di antaranya adalah kemudahannya untuk dicerna. Havermut didiamkan selama semalaman sehingga patinya terpecah dan manfaatnya mudah diserap untuk tubuh. Ia juga memiliki kadar karbohidrat resistan yang tinggi yaitu karbohidrat yang lebih mengenyangkan dan bisa menurunkan berat badan.

      Walaupun relatif, overnight oats juga cenderung mempunya rasa yang lebih lezat. Kita bisa memasukkan bermacam-macam topping dan pemanis lalu memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Di pagi hari, rasanya kita seperti memakan krim manis dengan banyak tekstur. Ia juga hanya membutuhkan waktu tidak sampai 5 menit untuk disiapkan di malam hari. Di waktu sarapan kita tinggal membuka kulkas dan menyantapnya.

      Untuk membuat overnight oats, akan lebih baik apabila kita menggunakan havermut berukuran besar seperti rolled oats agar lebih bertekstur jika dibandingkan dengan havermut instan atau havermut siap masak. Kita bisa menyangrainya sebentar agar havermut menyerupai tekstur granola.

      Lalu, siram havermut dengan unsur cairan pilihan kita. Kita bisa menggunakan susu atau yogurt. Pastikan rasionya satu banding satu agar havermut terendam seluruhnya namun tidak terlalu encer teksturnya. Kita juga bisa menambahnya pemanis kesukaan kita seperti madu atau sirup. Ingin lebih sehat dan berprotein? Tambahkan saja chia seed. Campur hingga benar-benar rata.

      Setelah itu, masukkan topping favorit Anda. Agar lebih sehat, coba berbagai macam buah. Lebih baik lagi apabila buahnya beku. Nantinya, jus yang keluar dari buah akan merembes ke dalam havermut dan menambah cita rasa. Jika tidak ingin yang terlalu fruity, kita bisa menambahkan selai kacang dan pisang. Apabila ingin topping yang renyah seperti granola, kacang, atau kelapa kering, taburkan di pagi hari agar teksturnya terjaga.

      Asyik diikuti, bukan, cara membuat overnight oats enak dan mudah ini? Menyantapnya lebih asyik lagi, lho, Sobat SaSe. (DV/ dari berbagai sumber)

Baca juga:

Cara Membuat Overnight Oats Enak dan Mudah

Bubur Havermut Cokelat Pisang Kismis