Tips Mengolah Sayuran untuk Diet

By dina, Rabu, 19 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Tips Mengolah Sayuran untuk Diet (dina)

      SajianSedap.com – Sobat SaSe, mari pelajari tips mengolah sayuran untuk keperluan diet. Jika kita sedang ada di dalam program merampingkan atau membentuk badan, pastinya sayura jadi bagian penting dalam pola makan kita. Nah, untuk itu, kita perlu mengetahui cara memasak sayuran agar tidak membosankan.

      Pertama-tama, kenalilah sayuran kita. Hampir semua sayuran bisa ditumis, mulai dari sayuran umbi seperti kentang dan wortel, sayuran daun seperti kangkung dan kailan, sayuran bunga seperti kembang kol dan brokoli, serta jenis-jenis sayuran lain semacam taoge, keputren, jamur, dan kacang panjang. Sayuran tersebut bisa ditumis salah satu saja, namun akan lebih menarik apabila dikombinasikan jadi satu hidangan. Bahkan, bisa mencapai 10 kombinasi, lho, seperti capcay.

       Nah, agar tumisan sayur kita enak rasanya dan menarik tampilannya, kia harus memperhatikan kematangan sayur. Jangan memasak sayuran terlalu lama, Sobat SaSe, agar warna sayuran tetap keluar dan teksturnya masih renyah. Agar lebih cantik saat dilihat, padukan macam-macam sayuran yang kontras warnanya, seperti buncis, wortel, dan jagung dengan warna hijau, oranye, dan kuningnya.

      Selain itu, kita juga bisa menambahkan bahan selain sayur. Tapi ingat, karena ini adalah hidangan sayuran, sayurannya tetap harus yang paling menonjol. Kita bisa menambahkan unsur protein hewani seperti daging sukiyaki, udang, bakso, ayam, ikan, telur, telur asin, hingga ikan teri dan ikan asin. Sedikit saja bahan ini di dalam hidangan sayuran akan langsung membuatnya jadi istimewa.

      Untuk menaikkan rasanya dan mempertegas warnanya, tambahkan bahan dari keluarga cabai-cabaian seperti cabai merah, cabai hijau, paprika merah, hingga paprika hijau. Perharum sayuran kita dengan bahan aromatik seperti kucai, daun bawang, dan daun seledri. Bahan pengharum harus dimasukkan menjelang diangkat agar minyak atsiri beraromanya tidak menguap.

      Terakhir, kreatiflah dengan saus-sausan. Kita bisa memadukan tumisan dengan saus bercita rasa gurih atau manis sesuai selera kita. Contohnya adalah kecap asin, kecap ikan, kecap inggris, saus tiram, hingga minyak wijen.

      Nah, mudah diikuti, bukan, tips mengolah sayuran untuk diet ini? Jika makanannya menarik, diet kita pasti sukses, Sobat SaSe. Pasalnya, mengatur makanan tidak akan terasa seperti beban. (SP/DV)

Baca Juga:

Tips Mengolah Sayuran untuk Diet

Cah Taoge Ala Teriyaki

Tips Mengolah Sayuran untuk Diet