Membuat Snack dari Mi

By dina, Kamis, 20 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Membuat Snack dari Mi (dina)

      SajianSedap.com – Tidak ada salahnya sesekali berkreasi membuat snack dari mi. Tidak hanya untuk dicemili saja, ia juga cocok untuk jadi sarapan. Pasalnya, mi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi sehingga mengenyangkan sampai siang harinya. Jika tetap lapar pun, tidak perlu jajan yang teralu berat untuk mengganjal perut menjelang makan siang.

      Memilih mi untuk kudapan sebenarnya tidak sulit. Langsung saja pilih mi telur yang banyak terdapat di supermarket. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang tawar cenderung gurih membuatnya pas untuk dijadikan snack. Olah mi telur ini jadi snack asin. Mi kurang cocok untuk dijadikan camilan manis.

      Apapun kudapan yang kita pilih, umumnya mi ini harus direbus terlebih dahulu. Didihkan air sampai bergelembung, barulah masukkan mi. Agar tidak lembek, mi tidak perlu direbus dalam waktu lama. Walaupun mi punya waktu pematangan yang berbeda-beda, biasanya mi telur bisa direbus dalam waktu 3 sampai 5 menit saja.

      Seperti merebus spageti, konon air untuk merebusnya harus diperciki minyak. Namun, tips ini dirasa kurang pas karena air dan minyak pasti akan berpisah. Lebih baik, mi diberi minyak setelah diangkat supaya tidak saling menempel.

      Kudapan yang bisa kita buat dari mi di antaranya adalah pizza mi, bitterbalen (sebagai pengganti kentang), kroket (sebagai pengganti kentang), dan arem-arem mi. Jika ingin mengadoni mi, campur mi dengan susu/kaldu dan telur dahulu baru dimasak, atau masak ragout dan mi masing-masing barulah dicampur. Adonan inilah yang menjadi dasar kudapan. Ia diaduk dengan berbagai bahan seperti sayuran, daging, jamur, dan keju baru diolah jadi macam-macam snack.

      Yang berbeda adalah proses mematangkannya. Jika dipanir dan digoreng, ia bisa jadi bitterbalen dan kroket. Jika dipanggang, ia bisa jadi pizza dan skotel mi. Apabila dikukus, jadilah arem-arem mi. Setelah matang, sajikan kudapan mi bersama saus tomat dan saus sambal.

      Itulah tips membuat snack dari mi. Mari berkreasi membuatnya di rumah. Ada berbagai resepnya, lho, di website ini. (SP/DV)

Baca juga:

Membuat Snack dari Mi

Pizza Mi