Shrimp Roll dan Crab Roll ala Amerika

By dina, Jumat, 21 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Shrimp Roll dan Crab Roll ala Amerika (dina)

      SajianSedap.com – Membuat shrimp roll dan crab roll ala restoran Jepang mungkin sudah biasa. Sekarang, kita coba buat yang ala Amerika. Beda dengan shrimp roll dan crab roll versi Jepang yang merupakan hidangan gorengan, versi Amerikanya adalah berupa sandwich. Hmm, bisa jadi camilan yang mengenyangkan dan lebih sehat, nih.

      New England, salah satu negara bagian di Amerika merupakan daerah penghasil seafood. Salah satu yang paling terkenal adalah lobster. Karena lobster di sana segar, maka tidak perlu mengolahkan dengan bumbu-bumbu yang banyak. Yang terpenting adalah kesegarannya. Maka, sebagai makan siang yang sehat dan cepat, diciptakanlah lobster roll, sandwich berisi lobster dengan bumbu yang minimalis namun tetap kaya rasa.

      Lobster roll di Amerika terdiri dari roti panjang yang bentuknya lebih bersudut daripada roti hotdog dan lobster yang dimasak di dalam butter. Pelengkapnya biasanya mayones serta daun bawang dan seledri cacah. Rasanya sangat lezat dan juicy.

      Nah, karena di Indonesia lobster berharga tinggi, kita bisa menggunakan udang dan daging kepiting. Namanya jadi bukan lobster roll lagi, tapi shrimp roll dan crab roll. Nah, dalam hidangan ini, bisa menggunakan udang segar dan daging kepiting segar. Jika sulit menggunakan daging kepiting segar, kita bisa menggunakan daging kepiting kalengan. Untuk rotinya, kita bisa menggunakan roti hotdog yang mudah dibeli di supermarket.

      Untuk membuatnya, matangkan udang dengan merebusnya sebentar saja. Untuk daging kepiting kalengan, boleh tidak direbus lagi. Setelah itu, rendam di mentega leleh bersuhu panas. Dalam membuatnya, pastikan kalau seafood kita masih juicy dan tidak terlalu matang.

      Setelah itu, kita bisa mencampur seafood kita dengan sedikit mayones, garam, merica, dan irisan tipis daun bawang serta seledri. Idenya adalah membuat salad dengan minim saus. Lalu, panggang roti panjang pilihan kita dengan dioles margarin hingga matang bagian luarnya. Untuk menyajikannya, isilah roti dengan salad udang atau salad kepiting, lalu langsung sajikan.

      Mudah sekali, bukan, membuat shrimp roll dan crab roll ala Amerika? Mari coba di akhir pekan ini. Pasti keluarga suka dan ketagihan. (DV)