Cara Membuat Lassi ala India

By dina, Kamis, 27 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Cara Membuat Lassi ala India (dina)

      SajianSedap.com – Jika sudah akrab dengan minuman yogurt dan buah, saatnya mengetahui cara membuat lassi ala India. Lassi merupakan minuman khas negeri Hindustan yang terbuat dari yogurt, air, rempah, dan buah. Ada dua jenis lassi di India, yaitu lassi asin dan lassi manis. Lassi asin biasa dibuat dari campuran yogurt dan rempah-rempah. Namun, lassi manis terbuat dari yogurt dan buah-buahan, terutama mangga.

      Lassi mangga mendapat perhatian di seluruh dunia sebagai alternatif minuman yang sehat dan enak. Apalagi, bahan-bahannya mudah didapatkan. Tidak hanya mangga. Buah-buahan lainnya pun turut diolah menjadi lassi. Lassi buah-buahan cita rasanya cocok dengan cita rasa khas lidah Indonesia. Berbeda dengan lassi asin karena Indonesia tidak mengenal konsep minuman gurih. Apalagi selain asin, ia juga memiliki aroma rempah yang kuat.

      Lassi ala India memiliki tekstur yang creamy. Ada baiknya, untuk membuat minuman ini, kita menggunakan yogurt yang kental. Yogurt yang encer jika dicampur buah tidak akan bagus hasilnya karena buah memiliki kandungan air yang tinggi.

      Selain mangga, buah-buahan yang cocok dipadu dengan lassi adalah buah yang rasanya segar dan beraroma. Contohnya adalah jeruk, stroberi, lemon, bluberi, dan kiwi. Buah yang teksturnya lembut seperti pisang dan avokad juga cocok dipadukan dengan yogurt dalam minuman lassi ini. Kita pun bisa memadukan dua atau lebih buah dalam minuman lassi ini. Akan tercipta suatu kreasi rasa baru yang bisa jadi justru lebih disenangi daripada lassi manis yang klasik dengan satu jenis buah.

     Umumnya, lassi dibuat dengan cara memblender buah dengan yogurt bersama-sama hingga hasilnya halus dan merata. Namun, kini ada banyak pula restoran India yang menyajikan lassi dengan cara yang unik. Buah diblender sendiri menjadi jus, lalu disajikan bersama-sama dengan yogurt di satu gelas. Untuk meminumnya, kita harus mengaduknya terlebih dahulu. Tidak hanya menimbulkan variasi rasa yang unik dan tidak merata, lassi ini juga tampak lebih cantik di gelas bening.

     Itulah cara membuat lassi ala India di rumah sendiri. Mudah, bukan, Sobat SaSe? Tidak perlu lagi jauh-jauh ke restoran India untuk mencicipinya. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Cara Membuat Lassi ala India

Stroberi Mango Lassi

Cara Membuat Lassi ala India