Ini Tepatnya Beda Tofu dan Tahu Biasa

By dina, Selasa, 25 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Ini Tepatnya Beda Tofu dan Tahu Biasa (dina)

      SajianSedap.com – Apa, ya, beda tofu dan tahu? Katanya, mereka sama-sama dari kedelai, tapi, mengapa rasa dan teksturnya berbeda?

      Tofu sebenarnya hanyalah bahasa Inggris dari tahu. Namun, di Indonesia, istilah “tofu” bergeser sebagai nama untuk menyebutkan bahan makanan tahu telur yang bertekstur super lembut. Perbedaan tekstur yang cukup jauh ini berasal dari perbedaan kandungan air di antara kedua bahan makanan tersebut.

      Tofu memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Itulah mengapa ia bertekstur sangat licin dan lembut. Adonan tofu langsung ditempatkan di plastik tebal berbentuk tabung atau tube tanpa dikurangi kandungan airnya. Gunanya plastik tebal tersebut selain untuk mengemas tofu juga untuk menjaga kandungan air agar tidak menguap atau keluar dari tahu.

      Sementara itu, tahu memiliki tekstur yang lebih padat karena kandungan airnya telah dikurangi. Dalam pembuatannya, adonan tahu diletakkan di dalam sebuah wadah. Kemudian, tahu digencet dengan sebuah pemberat agar kandungan airnya turun dan keluar. Setelahnya, tahu dipotong-potong. Oleh karena itulah, kebanyakan tahu yang dijual di pasar memiliki bentuk kotak.

      Akibat perbedaan tekstur dan kelembaban, tofu dan tahu juga jadi berbeda karakter. Tofu cenderung mudah hancur sedangkan tahu lebih kuat. Karena itulah perlakuan yang diberikan pada keduanya saat menyiapkan dan memasak juga harus dibedakan.

      Jika tahu dapat langsung dipotong-potong tanpa ada masalah, tofu harus dipotong dengan cara khusus. Potong tofu dari tengah bagian tube menjadi dua bagian. Lalu, dorong tofu dari ujung ke arah luar dengan cara memencetnya.

      Dalam memasak tumisan dan makanan lain yang perlu diaduk-aduk, tahu bisa digoreng terlebih dahulu maupun tidak, sedangkan tofu harus digoreng dahulu sampai berkulit agar tidak hancur. Walau berbeda perlakuan, cara menggoreng tahu dan tofu itu sama, yaitu menggorengnya di api panas agar bagian luarnya cepat matang namun bagian dalamnya masih juicy.

      Jika memasaknya dalam sup, tahu dan tofu boleh sama-sama tidak digoreng terlebih dahulu. Tahu biasa dimasak di sup dengan bumbu khas Indonesia, sementara tofu biasa dimasak bersama sup miso ala Jepang.

      Itulah beda yang jelas antara tofu dan tahu. Mari mengenalinya agar lebih kenal dengan cara memasaknya. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga: