Trik Membuat Salad ala Jepang

By dina, Rabu, 26 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Trik Membuat Salad ala Jepang (dina)

      SajianSedap.com – Membuat salad ala Jepang merupakan perkara mudah. Kuncinya adalah kesegaran bahan-bahan dan cita rasa nan ringan. Karena ciri khasnya itulah makanan Jepang mendapatkan reputasi sebagai makanan yang sehat walaupun rasanya enak.

      Salad ala Jepang bisa kita temukan di berbagai restoran sushi. Keistimewaannya adalah pilihan dressing atau saus yang unik. Jika Anda pecinta makanan yang rasanya segar, coba saja salad ini. Pasti akan ketagihan.

      Inti dari membuat salad adalah mencampur berbagai jenis sayur agar didapatkan cita rasa yang kaya. Bahan dasarnya adalah sayuran selada. Ada banyak jenis selada yang bisa kita beli di sini. Pilih jenis selada yang sesuai dengan kebutuhan kita atau belilah dalam kemasan yang sudah dicampur.

      Selain selada, ada banyak tambahan sayuran yang bisa dimasukkan ke salad. Contohnya adalah wortel, ketimun, dan jagung frozen. Kita juga bisa menambahkan buah ke dalam salad. Buah yang cocok adalah yang cita rasanya segar. Contohnya adalah apel dan nanas. Salah satu hal yang menambahkan suasana kejepang-jepangan pada salad adalah potongan julienne atau korek api dari buah dan sayur yang teksturnya agak keras seperti apel, wortel, dan ketimun tadi.

      Jika menginginkan salad yang memiliki unsur protein, tambahkan olahan bahan hewani khas Jepang seperti tobiko (telur ikan) dan crab stick. Tidak hanya menambahkan rasa, penampilannya akan sangat khas Jepang.

      Bila sudah punya bahan dasarnya, sekarang tinggal pikirkan dressingnya. Di supermarket besar, sudah banyak merk dressing salad ala Jepang. Dressing tersebut  memiliki rasa yang sangat khas Jepang. Misalnya, rasa wijen sangrai dan kecap Jepang. Tidak hanya menggunakan satu jenis dressing. Kita juga bisa mencampur dua jenis atau lebih hingga menjadi saus salad yang lebih sedap. Agar lebih segar, tambahkan perasan air jeruk lemon.

      Itulah tips dan trik membuat salad ala Jepang di rumah. Jika anak-anak tidak mau makan sayuran, olah saja dengan cara ini. Warna beragam dan kesegarannya bisa menggugah selera. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Trik Membuat Salad ala Jepang

Honey Lemon Salad