Uniknya Alternatif Makanan Pokok Berbagai Negara

By dina, Kamis, 27 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Uniknya Alternatif Makanan Pokok Berbagai Negara (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, kenali makanan pokok berbagai negara. Selain mengenyangkan, mereka memiiki cita rasa unik dan cocok dipadukan dengan aneka lauk atau makanan pendamping khas negara masing-masing. Sehari tanpa makanan pokok, mungkin kita akan merasa ada yang kurang.

      Inilah macam-macam pokok berbagai negara. Jika melihatnya di rak makanan impor, kita bisa mencobanya, lho.

Ubi Rambat

      Ubi rambat merupakan makanan pokok alternatif karena dinilai lebih sehat dan rendah indeks glikemiknya. Ia kini banyak ditemukan sebagai pengganti kentang di Amerika Serikat bagian selatan. Penggunaannya dipotong-potong dan digoreng seperti kentang goreng. Ia juga ditumbuk layaknya kentang tumbuk. Rasanya lebih unik dan manis.

Arepa

      Arepa merupakan roti khas Venezuela. Ia terbuat dari tepung jagung yang mirip dengan tepung jagung yang dipakai untuk membuat tortilla. Bedanya, tekstur arepa lebih mirip dengan tekstur roti lembut dan English muffin. Untuk menyantapya, ia biasa diisi dengan berbagai jenis daging dan sayuran. Ia juga bisa dibuat manis dengan isian berbagai selai.

Beras Hitam

      Beras hitam merupakan bahan pokok yang bernutrisi tinggi. Awalnya, ia banyak dikonsumsi di Tiongkok sebagai makanan pokok keluarga kaisar. Oleh karena itulah ia mendapat julukan “forbidden rice” atau beras terlarang, beras ini tidak boleh dimakan rakyat jelata. Kini, ia boleh dimakan siapa saja. Kandungan seratnya tinggi. Rasanya juga lebih manis dan bernuansa kacang-kacangan.

Sorgum

      Sorgum adalah makanan pokok negara-negara yang beriklim kering. Contohnya adalah negara di benua Afrika. Di Indonesia, sorgum juga turut ditanam, terutama di Indonesia Timur. Teksturnya mirip dengan jagung. Ia juga bisa dijadikan alternatif makanan pokok terutama untuk orang yang memiliki penyakit gula. Di Amerika pun, sorgum manis juga ditanam untuk pembuatan sirup sorgum, pengganti molases yang memiliki rasa unik.

      Itulah alternatif makanan pokok berbagai negara di seluruh dunia. Yuk, kita coba jika menemukannya di toko makanan impor. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP