Membuat Nasi Gurih Lezat Bervariasi

By dina, Kamis, 27 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Membuat Nasi Gurih Lezat Bervariasi (dina)

      SajianSedap.com – Yuk membuat nasi gurih sendiri. Selain enak, ia juga bergizi. Nasi gurih ada banyak macamnya.  Nasi kuning dan nasi uduk adalah contohnya. Nasi tradisional kita banyak yang diolah terlebih dahulu hingga menjadi nasi gurih. Namun, ia bisa kita utak-atik lagi hingga menjadi lebih enak.

      Rasa gurih pada nasi berassal dari jenis cairan yang digunakan untuk mematangkan nasi. Contohnya adalah santan kelapa dan kaldu. Bisa pula keduanya dikombinasikan dengan cara membuat santan dari air kaldu, maksudnya adalah santan dari kelapa tua parut yang diseduh dengan kaldu dan diperas. Kombinasi keduanya juga bisa dibuat dengan cara mencampurkan larutan kaldu dan santan.

      Santan yang cocok untuk dibuat merebus makanan adalah santan yang kental. Santan kental akan membuat nasi menjadi lebih gurih. Namun, makin kental santannya, nasi akan jadi makin lembek. Yang paling baik, pakailah santan yang tidak terlalu cair namun tidak terlalu kental juga. Sementara itu, kaldu yang cocok untuk membuat nasi gurih adalah kaldu yang dibuat dari ayam atau daging yang jumlahnya cukup banyak jika dibandingkan dengan airnya.

      Nasi gurih bisa dikembangkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menambahkan pewarna alami. Misalnya dengan air daun suji pandan, air kunyit, atau sari daun sawi. Kita juga bisa menambahkan irisan dedaunan pengharum seperti daun jeruk atau daun mangkokan.

      Selain bumbu-bumbu dan pewarna, kita juga bisa menambahkan potongan daging atau ayam yang dimasak saat mengaroni nasi. Hasilnya, daging dan ayam tersebut akan menyerap rasa santan dan kaldu. Sebaliknya, nasi juga akan menyerap rasa asli daging. Tambahan sayur juga diperlukan agar nasi gurih kita terlihat lebih menarik dan bergizi. Tahu apa lagi yang sangat tepat itambahkan ke dalam nasi gurih? Ikan asin yang dipotong kecil-kecil. Setiap gigitannya akan terasa sangat lezat.

     Itulah bermacam-macam trik membuat nasi gurih sendiri di rumah. Mudah, bukan? (SP/DV)FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Membuat Nasi Gurih Lezat Bervariasi

Nasi Gurih

Membuat Nasi Gurih Lezat Bervariasi

Nasi Bakar dengan Sambal Belut