Yuk, Memasak dengan Keju yang Tepat (1)

By dina, Sabtu, 29 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Yuk, Memasak dengan Keju yang Tepat (1) (dina)

      SajianSedap.com – Ada banyak jenis keju, namun tidak banyak orang yang memasak dengan keju yang tepat. Di dunia ini, ada beratus-ratus jenis keju. Sayang, yang ada di Indonesia hanya sedikit jenisnya. Dengan varian yang sedikit ini, mari belajar lebih jauh dengan mencoba mengenalnya satu per satu.

Keju Slice

      Keju lembaran ini merupakan salah satu jenis keju yang paling banyak kita temukan di berbagai supermarket dan minimarket. Gunanya dalam masakan adalah untuk dijadikan isian, topping, atau dilelehkan untuk dicampur ke dalam adonan. Ada keju slice yang tanpa rasa, namun ada pula olahannya yang sudah diberi perasa seperti smoked cheese dan garlic cheese. Bahkan, kini ada keju slice yang diberi perasa buah, lho.

Keju Quick-Melt

      Keju jenis ini merupakan jenis keju yang cepat meleleh saat terkena suhu panas. Hasilnya, ia cocok dijadikan isian makanan yang disajikan panas-panas. Saat suhunya turun, contohnya, saat disimpan di suhu ruang, keju ini akan kembali membeku. Ia adalah jenis keju yang pas untuk ditambahkan ke dalam berbagai masakan, cake, dan roti yang bercita rasa gurih.

Keju Edam

      Keju ini merupakan jenis keju tua, artinya difermentasi dan diperam dalam waktu yang cukup lama. Hasilnya adalah produk akhir yang bertekstur keras dan beraroma tajam. Tidak seperti keju quick-melt, keju edam akan sulit meleleh apabila dipanaskan. Sifatnya yang tahan panas ini membuat keju edam cocok untuk dijadikan taburan kue kering seperti kastengel. Sebagian keju yang tidak meleleh akan mengering dan menjadi renyah sehingga menambah tekstur pada kue kering.

      Sekarang, kita mendapat sedikit gambaran, bukan, mengenai pilihan dalam memasak menggunakan keju? Masih banyak jenis-jenis keju lainnya yang bisa kita gunakan dalam masakan. Untuk lebih jelasnya, ayo lihat bagian kedua dari seri Memasak dengan Keju yang Tepat ini! (SP/DV)  

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Yuk, Memasak dengan Keju yang Tepat (1)