Langkah-Langkah Mencegah Keracunan Makanan

By dina, Minggu, 30 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Langkah-Langkah Mencegah Keracunan Makanan (dina)

      SajianSedap.com – Mari belajar tentang langkah-langkah mencegah keracunan makanan. Selain memperhatikan nutrisinya, kita juga harus memperhatikan keamanan dalam memasak dan menyajikan makanan. Tentu kita tidak ingin keluarga dan orang-orang tersayang salah makan dan sakit setelah mencicipi makanan yang kita buat dengan penuh cinta.

     Langkah mencegah keracunan makanan dimulai dari memilih makanan saat berbelanja. Di pasar, pilihlah tempat berbelanja yang bersih. Carilah penjual yang baik dan tercatat rapi. Jangan sampai bahan yang dibeli mengandung bahaya biologi (bakteri), kimia (borax), dan fisik (pecahan beling). Pastikan juga kesegaran makanan. Jangan sampai kita membeli bahan-bahan yang sudah tidak bagus kondisinya.

      Selain itu, perhatikan juga penyimpanan makanannya. Hal yang paling penting adalah suhu makanan. Suhu di antara 10-65 derajat celcius merupakan titik bahaya pada makanan. Suhu yang aman adalah dingin, beku, dan panas. Suhu dingin dan beku dapat menghentikan perkembangan bakteri, sedangkan suhu panas dapat membunuhnya.

      Selain suhunya, kita juga harus memperhatikan peralatan yang digunakan untuk mengolah makanan. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan bersih. Hindari kontaminasi silang dengan cara memisahkan alat untuk bahan mentah dan makanan yang sudah matang. Jangan pula menggunakan alat yang berkarat.

     Perhatikan sifat-sifat khusus pada makanan. Misalnya, histamin akan muncul pada ikan dan seafood yang sudah mati. Simpanlah di suhu yang dingin. Untuk seafood bercangkang, racunnya bisa bervariasi lagi. Agar aman, rebus dengan sepotong arang untuk menyerap racunnya. Daun bayam mudah matang, satu menit pemasakan saja cukup. Oleh karena itu, cucilah hingga sangat bersih. Lebih dari 4 menit memasak, separuh kandungan asam folatnya akan hilang. Karakteristik khas tiap bahan seperti itu harus kita pahami.

     Lebih dari itu, perhatikanlah kebersihan diri. Pakailah apron dan sarung tangan saat memasak. Setidaknya, cuci tangan hingga benar-benar bersih. Jangan pula memelihara kuku yang panjang.

     Itulah langkah-langkah mencegah keracunan makanan yang harus kita perhatikan. Yuk, jaga higienitas diri dan masakan kita. (YA/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Langkah-Langkah Mencegah Keracunan Makanan

Kerang Hijau Kuah Kuning