Cara Membuat Bakwan Tahu Enak untuk Sarapan

By dina, Rabu, 2 November 2016 | 17:00 WIB
Cara Membuat Bakwan Tahu Enak untuk Sarapan (dina)

      SajianSedap.com – Walau digoreng, bakwan tahu mengandung gizi yang banyak. Tidak heran, tahu merupakan salah satu bahan makanan nabati yang kadar proteinnya tinggi. Jadi, ia pas kita buat sebagai sarapan. Jika kreatif, ada banyak jenis bakwan tahu yang bisa kita kreasikan. Yuk, coba membuatnya.

     Pertama-tama, mari perhatikan jenis tahu yang cocok. Untuk dibuat bakwan, pilih tahu yang teksturnya tidak terlalu lembut. Tahu yang lembut memiiki banyak kandungan air sehingga bakwan terlalu lembek. Kita bisa memilih tahu bandung, tahu cina, atau tahu takwa. Sekali lagi, pilih yang agak padat dan keras. Jika kebetulan kita mendapatkan tahu yang lembek, letakkanlah tahu di atas serbet yang tebal lalu tindih bagian atas tahu dengan talenan. Air yang terkandung di dalam tahu bisa terserap oleh serbet.

      Kedua, variasikanlah isi bakwan. Kita bisa menambahkan sayuran seperti wortel, taoge, kol, buncis, kapri, dan sawi putih yang dirajang dengan halus. Agar rasa umaminya keluar, kita bisa menambahkan jamur. Contoh jamur yang enak dicampur dengan tahu untuk membuat bakwan adalah jamur merang, jamur kancing, jamur kuping, dan jamur tiram.

      Jika suka sarapan yang agak berat, kita juga bisa menambahkan daging. Kita bisa menambahkan daging giling agar cepat matang. Misalnya udang dan ayam giling. Kerang yang sudah direbus juga enak ditambahkan ke dalam bakwan.

      Ketiga, pilihlah bumbu yang pas. Pada dasarnya kita bisa menambahkan bumbu bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Kitta juga bisa memodifikasinya dengan menambahkan bumbu opor, bumbu kari, bumbu rendang, atau menambahkan kunyit. Bumbu yang variatif ini akan membuat bakwan tahu jadi lebih enak lagi. Agar lebih gurih, kita pun dapat menambahkan unsur cairan berupa santan.

      Keempat, menggoreng bakwan bisa menggunakan sendok sayur. Namun, bakwan bisa melebar sehingga kurang cantik. Bakwan juga bisa dicetak dengan rapi. Caranya, celupkan sendok sayur ke dalam minyak panas. Lalu, tuang adonan bakwan ke dalamnya. Celupkan ke dalam minyak dan biarkan bakwan lepas dari sendok sayurnya.

      Itulah cara membuat bakwan tahu enak untuk sarapan. Mudah, bukan? Yuk, ikuti pagi nanti di rumah. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Cara Membuat Bakwan Tahu Enak untuk Sarapan

Bakwan Tahu Jagung