Batas Maksimal Konsumsi Gula dalam Sehari

By dina, Kamis, 3 November 2016 | 17:00 WIB
Batas Maksimal Konsumsi Gula dalam Sehari (dina)

      SajianSedap.com – Simak info mengenai pentingnya batas maksimal konsumsi gula dalam sehari ini. Pemanis ini sudah menjadi bagian dari menu makan dan minum kita sehari-hari. Kita hampir tidak bisa menghindarinya apalagi kandungan gula ada secara alami di banyak bahan. Walau harus diwaspadai, bahan makanan ini tidak perlu dikhawatirkan membahayakan kesehatan. Sama seperti lemak, gula juga dibutuhkan tubuh dalam porsi tertentu.

      Batas persentase maksimal konsumsi gula dalam sehari berbeda-beda antara satu lembaga kesehatan dan lembaga kesehatan lainnya. Namun, umumnya ia berkisar di antara angka 5-10% dari kebutuhan energi harian kita. Sebagai contoh, American Heart Association merekomendasikan konsumsi gula maksimal 25 gram sehari. Kira-kira, jumlah ini setara dengan kira-kira 4-5 sendok makan peres gula per hari apabila dihitung menggunakan sendok yang biasa dipakai untuk makan, bukan sendok ukur.

      Jika dilihat-lihat, memang sedikit sekali gula yang bisa kita konsumsi dalam sehari ini. Namun, jangan khawatir. Batasan ini hanya berlaku untuk gula pasir. Gula yang secara alami terkandung dalam bahan makanan tertentu seperti buah-buahan dan makanan berkarbohidrat tidak masuk ke dalam batasan 5 persen tersebut.

      Apabila kita mengonsumsi gula terlalu banyak, bahaya kegemukan bisa mengancam kita. Jumlah gula yang terlalu banyak di tubuh bisa dicerna menjadi lemak yang apabila tidak dibakar, tentu bisa mengakibatkan penumpukan. Walau tidak berhubungan langsung, terlalu banyak lemak pada akhirnya bisa mengakibatkan penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

      Dalam praktik sehari-hari, kita memang hampir tidak bisa menghindari bahan makanan ini. Gula bukan hanya membuat makanan yang hambar jadi lezat. Ia juga bisa membuat roti tidak bantat, membuat tekstur es krim menjadi lembut, membuat tekstur es krim menjadi lembut, memberi warna karamel pada kue, dan membuat selai dan sirup buah tahan lama. Sesungguhnya gula bisa menjadi sahabat, namun jumlah penggunaannya itu yang harus kita perhatikan.

      Itulah info mengenai batas maksimal konsumsi gula dalam sehari, Sobat SaSe. Yuk, perhatikan, agar tubuh kita senantiasa sehat dan bebas penyakit demi keluarga di rumah. (MS/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Batas Maksimal Konsumsi Gula dalam Sehari

Puding Gula Merah Kelapa Muda

Batas Maksimal Konsumsi Gula dalam Sehari