Rahasia Membuat Bolu Gulung Lembut dan Lentur

By dina, Jumat, 4 November 2016 | 17:00 WIB
Rahasia Membuat Bolu Gulung Lembut dan Lentur (dina)

      SajianSedap.com – Membuat bolu gulung lembut dan lentur ada triknya tersendiri. Bolu dibuat tipis, diberi filling, lalu digulung. Kue ini memiliki bentuk yang menarik. Prosesnya yang cukup sulit membuat bolu gulung jadi kue yang terpandang. Namun, dengan cara yang tepat, ternyata membuat bolu gulung dengan tekstur yang tepat tidak terlalu sulit.

      Agar cake lembut dan lentur, maka ia tidak boleh terlalu padat. Rahasianya adalah dengan menggunakan sedikit saja tepung. Kita juga bisa mengganti putih telur dengan kuning telur. Satu putih telur memiliki bobot 30 gram sementara satu kuning telur memiliki bobot 20 gram. Untuk menggantikan 3 putih telur, gunakan 5 kuning telur.

      Bolu yang digunakan untuk membuta bolu gulung adalah tipe sponge cake, bukan buttertype cake. Sponge cake adalah cake yang dibuat dari telur dan gula yang dikocok lalu ditambahkan tepung dan margarin cair. Hasilnya akan lebih lembut dan mengembang. Beda dengan buttertype cake yang terbuat dari margarin dan gula yang dikocok lalu ditambahkan bahan lain.

      Hal yang bisa membuat sponge cake kita lebih lentur adalah tepung maizena. Jika dalam resep kita tidak melihat adanya bahan tersebut, kita bisa sedikit menggantikannya. Untuk satu resep kue bolu gulung, kurangi tepung terigu sebanyak 20 gram, lau ganti dengan tepung maizena.

      Agar bolu tidak kering, ada hal yang harus kita perhatikan. Karena nantinya bolu akan digulung, ia harus kita matangkan di loyang yang tipis. Jangan menggunakan loyang yang tinggi supaya cake tetap lembab. Pengovenan pun harus tepat waktunya. Cake yang kering akan membuat bolu patah ketika digulung.

      Setelah matang, letakkan cake di atas rak kawat untuk mendinginkannya dalam posisi normal (tidak terbalik). Biarkan dingin.

      Itulah cara yang tepat untuk membuat bolu gulung yang lembut dan lentur. Mudah diikuti, bukan? Yuk, kita coba di rumah. Hasilnya tidak kalah dengan buatan toko kue terkemuka. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Rahasia Membuat Bolu Gulung Lembut dan Lentur

Bolu Gulung Cokelat Kukus