Membuat Ikan Kuah Asam Sendiri di Rumah

By dina, Minggu, 6 November 2016 | 17:00 WIB
Membuat Ikan Kuah Asam Sendiri di Rumah (dina)

      SajianSedap.com – Ikan kuah asam merupakan masakan yang terbuat dari ikan berdaging tebal seperti ikan kakap, bumbu aromatik, dan rempah-rempah yang membuatnya bercita rasa asam. Kuahnya berwarna merah dan sedikit pedas sehingga meningkatkan nafsu makan kita.

      Untuk membuat ikan kuah asam yang lezat, rahasianya ada di penggunaan ikannya. Umumnya ikan yang kita gunakan adalah ikan kakap yang dagingnya tebal dan tidak berduri. Namun, jika tidak menemukan ikan kakap, kita bisa menggunakan ikan lain. Yang terpenting, ikan ini tidak berduri banyak sehingga merepotkan untuk dimakan. Jika tekstur ikan yang kita pilih tidak terlalu padat, goreng terlebih dahulu agar tidak hancur saat dimasak dan lebih sedap rasanya.

      Dalam membuat makanan berkuah, termasuk ikan kuah asam ini, yang lebih dinikmati adalah kuahnya. Jadi, kuah yang bercita rasa istimewa adalah kunci kenikmatan makanan ini. Cita rasa kuah kita dapatkan dari campuran bumbu halus berupa cabai merah, bawang merah, dan bawang putih serta bumbu yang memberi aroma lebih seperti kemangi, terasi, dan jahe. Agar lebih cerah dan harum, kita juga menambahkan kunyit dalam bumbu halus tersebut.

      Untuk menghilangkan aroma amis dari ikan, sebelum dimasak, lumuri dahulu dengan air asam jawa. Warnanya memang jadi kurang menarik, namun rasanya lebih lezat. Baru disisihkan untuk langsung dimasak atau digoreng dahulu.

      Setelah itu, kita membuat kuahnya. Kuah dari ikan asam ini kita buat dengan cara merebus air atau kaldu ikan dengan bumbu halus. Bersama bahan tersebut, kita tambahkan serai yang memberi aroma harum, tomat hijau yang memberi sensasi asam buah-buahan, dan cabai merah besar yang walau pedasnya tidak terlalu menonjol tapi aromanya menaikkan nafsu makan kita. Masak hingga aromanya harum. Ketika kuah selesai dimasak, saatnya memasukkan ikan kita. Bubuhi garam dan gula, lalu matangkan.

      Itulah cara mudah membuat ikan kuah asam sendiri di rumah. Mudah, bukan? Cita rasanya sedap baik untuk dimakan di siang hari maupun malam hari. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Membuat Ikan Kuah Asam Sendiri di Rumah

Ikan Kuah Asam

Membuat Ikan Kuah Asam Sendiri di Rumah