Mengolah Teri Nasi Jadi Sepiring Hidangan Lezat

By dina, Minggu, 6 November 2016 | 17:00 WIB
Mengolah Teri Nasi Jadi Sepiring Hidangan Lezat (dina)

      SajianSedap.com – Ada berbagai cara mengolah teri nasi jadi hidangan yang mantap. Sebelum memasaknya, perhatikanlah bahwa rasa asin teri cukup menggigit. Karena itu, rendam dulu teri nasi di air hangat selama 10 menit, lalu tiriskan. Teri nasi siap untuk kita olah.      Banyak cara untuk membuat teri nasi alias teri medan ini menjadi sepiring hidangan yang lezat. Namun, sebelum memasaknya, perhatikan kalau cita rasa asin teri yang cukup menggigit. Karena itu rendam dulu teri nasi di air hangat selama 10 menit. Tiriskan dan teri siap diolah lagi.

      Masukkan teri nasi yang sudah digoreng ke dalam nasi gurih. Tambahkan cabai merah yang digoreng dan kemangi. Bungkus daun pisang dan bakar hingga daun berubah warna.

      Nasi goreng ala Cina dengan bumbu kecap asin, rice vinegar, dan kecap ikan makin nikmat jika ditambahkan dengan teri nasi. Jangan lupa tambahkan irisan cabai rawit merah saat sedang diolah.

      Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, dan kencur. Campur dengan teri nasi, tepung beras, kuning telur, daun jeruk, dan santan. Sebar melebar dari pinggir wajan dan goreng dalam minyak banyak.

      Tumis bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, dan terasi bersama daun salam, lengkuas, cabai merah besar, dan cabai rawit merah. Tambahkan daun singkong yang telah direbus dan diiris. Masukkan teri nasi goreng kering. Bubuhi garam, gula pasir, dan merica bubuk.

      Makanan yang dikukus ini juga makin nikmat jika dibubuhi dengan teri nasi. Jangan lupa, selipkan cabai rawit utuh ke dalamnya supaya makin nendang.

      Goreng terung ungu yang dipotong tebal 1 cm hingga layu. Campurkan dengan bumbu balado yang telah digoreng matang. Terakhir, taburi dengan teri nasi yang juga telah digoreng kering.

       Bagaimana, menarik bukan cara-cara mengolah teri nasi tersebut? Mari kita praktikkan di rumah, Sobat SaSe. (HP)FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Mengolah Teri Nasi Jadi Sepiring Hidangan Lezat

Botok Tempe Teri Nasi