Cara Membuat Sayur Bobor Jadi Tambah Lezat

By dina, Senin, 6 Februari 2017 | 03:23 WIB
Cara Membuat Sayur Bobor Jadi Tambah Lezat (dina)

      SajianSedap.com – Caara membuat sayur bobor cukup mudah, jadi tidak ada salahnya membuatnya jadi tambah lezat dengan aneka bahan tambahan. Mengganti satu jenis bahannya juga bisa membuat sayur bobor jadi berbeda.

      Bobor sendiri merupakan olahan sayuran berkuah santan berbumbu. Isi sayurannya bisa apa saja dan beragam. Dilihat dari isiannya, para petani di masa lampau lah yang menciptakan sayur ini guna memanfaatkan hasil kebunnya masing-masing. Oleh karena itulah bumbunya begitu sederhana, begitu pula cara memasaknya. Inilah cara mengembangkan bobor agar lebih berwarna rasanya.

Bumbu Bobor

       Bumbu bobor sederhana hanya terdiri dari bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kencur. Namun, ia bisa dikembangkan dengan berbagai cara. Bobor yang warna dasar kuahnya putih bisa dibuat kuning dengan penambahan kunyit. Aromanya juga akan jadi sedikit berbeda. Ia juga bisa dibuat merah dan pedas dengan penambahan cabai pada bumbu halusnya.

Isi Bobor

      Karena ini merupakan hidangan yang dikreasikan para petani, maka isinya jadi sederhana, hanya sayur-sayuran. Umumnya bobor kita buat dengan bahan dasar daun lembayung atau kacang panjang. Jika tidak ada daun lembayung, maka kita membuat bobor dari aneka sayur lainnya seperti bayam dan katuk. Tidak hanya sayuran hijau, aneka sayuran berpati seperti ubi, labu, dan labu kuning pun kadang turut ditambahkan guna memberi tekstur yang lebih kaya.

      Agar bobor terasa lebih gurih, kita bisa memberikan potongan ikan asin, ebi, atau udang rebon. Pun unsur makanan nabati berprotein seperti tahu dan tempe yang dipotong kotak-kotak bisa memperkaya rasa bobor. Jika ingin ekstra rasa kelapa selain yang ada di santan, kita bisa menambahkan kelapa muda yang diparut ke dalam sayur bobor.

Kuah Santan

      Karena bumbu bobor cukup sederhana, kelezatan bobor sangat bergantung kepada pemilihan santannya. Santan untuk bobor biasanya bertekstur sedang menuju ke pekat. Untuk mendapatkan santan seperti ini, pilihlah kelapa yang tua. Seduh parutan kelapa dengan air panas agar santan yang keluar benar-benar gurih.

      Itulah cara membuat sayur bobor agar tambah lezat. Mudah, bukan? Dengan beberapa penambahan di sana-sini, ternyata sayuran sederhana saja bisa jadi hidangan yang luar biasa, lho. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga: