Menghilangkan Lemak Pada Sop Buntut

By dina, Rabu, 9 November 2016 | 17:00 WIB
Menghilangkan Lemak Pada Sop Buntut (dina)

      SajianSedap.com – Mari belajar menghilangkan lemak pada sop buntut agar hidangan buatan kita terasa lebih lezat. Buntut memang paling enak dibuat sup apalagi dengan rempah yang banyak. Sayangnya, rasa rempah yang segar dan hangat ini sering tidak pas apabila disandingkan dengan kandungan lemak buntut yang banyak.

      Agar sup buntut kita lebih sedikit lemaknya, pertama-tama, kita harus memilih buntut yang pas untuk diolah menjadi sup. Pilihlah yang bentuknya kecil hingga sedang. Pasalnya, buntut yang ukurannya besar akan sulit untuk disantap. Apalagi bagian yang paling kita nikmati dalam sup adalah kuahnya.

      Buntut, apalagi jika ukurannya cenderung besar, merupakan bagian dari sapi yang memiliki banyak kandungan lemak. Jika tidak ingin menyantap bagian lemak yang banyak tersebut, ada cara-cara yang bisa kita ikuti.

      Pertama-tama, rebus dahulu buntut sapi di dalam panci presto atau panci bertekanan tinggi satu hari sebelum dimasak menjadi sup. Setelah itu, biarkanlah buntut hingga suhunya menurun ke suhu ruang.

      Ketika suhu buntut sudah dingin, masukkanlah ia ke lemari es. Tidak perlu dimasukkan ke dalam freezer atau lemari pembeku karena tuuan kita bukanlah membekukan seluruh buntut dan kaldunya.

       Apabila buntut dan kaldunya disimpan di lemari es saja, yang akan membeku hanya kandungan lemaknya. Waktu yang kita butuhkan untuk membekukan kandungan lemak di dalam buntut ini adalah semalaman. Oleh karena itulah buntut harus dipresto sehari sebelum dimasak menjadi sup.

      Jika sudah beku seperti ini, kita tinggal membuang bagian lemak yang mengambang di kaldu sup. Buntut ini sudah jauh lebih rendah kandungan lemaknya dan langsung bisa kita olah menjadi sop buntut yang rasanya lebih ringan dan segar. Proses presto pun akan membuat buntut jadi empuk.

       Itulah yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan lemak dalam sop buntut. Walau waktunya panjang, ternyata caranya tidak sulit, bukan? Yuk, kita buat sop buntut yang lezat dari bahan ini. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Menghilangkan Lemak Pada Sop Buntut