Jenis Tepung untuk Membuat Bakpao

By dina, Rabu, 9 November 2016 | 17:00 WIB
Jenis Tepung untuk Membuat Bakpao (dina)

      SajianSedap.com – Penting untuk kita ketahui jenis tepung untuk membuat bakpao apabila kita tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah. Prinsipnya sendiri, bakpao adalah sejenis roti kukus yang bisa diisi macam-macam bahan. Jadi, hasil mirip roti adalah hal yang ingin kita capai dari pembuatan bakpao walau pembuatannya bukan dengan cara dioven melainkan dengan cara dikukus.

      Untuk mendapatkan hasil seperti itu, hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan-bahannya. Bahan yang paling penting, tentu saja adalah tepungnya.Seperti halnya pembuatan roti pada umumnya, bakpao pun menggunakan tepung terigu protein tinggi. Tepung jenis ini memiliki gluten yang banyak. Hasilnya, makanan yang dibuat dari tepung terigu ini jadi mengembang.

      Tepung terigu protein tinggi juga membuat bakpao bagus seratnya. Namun, ada satu kekurangannya, yaitu membuat warna bakpao jadi kekuningan. Warna ini dihasilkan dari reaksi gluten dengan air. Sebenarnya, jika tidak putih bakpao tetap akan baik-baik saja rasa dan teksturnya. Hanya saja, kita terbiasa memakan bakpao yang dijual di pinggir jalan. Warna bakpao tersebut putih bersih. Namun, bisa saja itu dikarenakan adanya zat pemutih di makanan ringan tersebut.

      Jika ingin tetap memakan bakpao yang putih bersih, ada solusi yang bisa kita terapkan di dapur kita, yaitu menggunakan tepung tangmien. Tepung tangmien adalah tepung yang terbuat dari pati gandum. Tepung ini lebih putih dan lebih bertekstur halus daripada tepung terigu. Karena itulah ia sering dijadikan bahan campuran bakpao.

      Selain membuat bakpao lebih putih, tepung tangmien membuat bakpao lebih enak. Ia juag membuat bakpao lebih lentur. Agar bakpao lebih kenyal, seringkali ke dalam tepung terigu dan dan tangmien kita tambahkan lagi putih telur.

      Nah, itulah jenis tepung yang tepat untuk digunakan dalam pembuatan bakpao. Apakah Anda siap untuk membuat bakpao sendiri? Silakan cek resepnya di website kesayangan Anda ini, ya, Sobat SaSe. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Jenis Tepung untuk Membuat Bakpao

Bakpao Isi Tongkol

Jenis Tepung untuk Membuat Bakpao