Aneka Cara Melipat Kulit Lumpia dengan Rapi

By dina, Kamis, 10 November 2016 | 17:00 WIB
Aneka Cara Melipat Kulit Lumpia dengan Rapi (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, ikuti aneka cara membungkus lumpia dengan rapi berikut ini. Selain untuk membungkus lumpia, kulit ini sering kita gunakan untuk membungkus martabak, risoles, atau kudapan lainnya. Beda kudapannya, tentu akan beda cara membungkusnya. Walau rasanya sama saja, ternyata kesan yang bisa dihasilkan dari bentuk makanan itu begitu kuat, lho. Jadi, mari kita pelajari satu per satu caranya.

Samosa

      Samosa merupakan gorengan ala India yang dibuat dalam bentuk segitiga. Untuk membuatnya jadi berbentuk seperti ini, taruh dahulu adonan isi di tengah kulit lumpia dalam bentuk segitiga. Lalu, lipat kulitnya dan bungkus mengikuti adonan isinya.

Martabak

      Bentuk bungkus martabak adalah segi empat. Sama dengan cara membuat samosa yang berbentuk segitiga, adonan isi ditaruh di tengah kulit lumpia dalam bentuk segi empat. Lalu, kulit lumpia bisa kita lipat dan bungkus mengikuti adonan isinya.

Risoles

      Risoles bihun sering dibuat dengan kulit lumpia. Ia biasanya menjadi teman makan soto mi. Bungkusannya langsung gulung dan bentuknya sedikit panjang meskipun beberapa orang membuatnya dalam ukuran yang lebih pendek.

Sunpia

      Sunpia merupakan kata lain dari lumpia mini. Bentuknya agak ramping, tetapi isiannya agak padat. Biasanya, isian sunpia adalah tumisan bengkoang yang dimasak bersama ebi. Cara melipatnya hampir sama seperti cara melipat risoles.

      Nah, itulah aneka cara melipat kulit lumpia dengan rapi. Mudah, bukan? Dengan melipat kulit lumpia secara benar, tidak hanya tampilannya saja yang akan lebih bagus. Isinya juga tidak akan mudah keluar sehingga mempermudah proses penggorengan nantinya. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga: