Tips Memilih Telur Puyuh Saat Berbelanja

By dina, Sabtu, 12 November 2016 | 17:00 WIB
Tips Memilih Telur Puyuh Saat Berbelanja (dina)

      SajianSedap.com – Inilah tips memilih telur puyuh di pasar saat berbelanja. Olahan telur puyuh memang selalu jadi incaran dan idaman di meja makan kita. Apalagi jika di rumah kita ada banyak anak-anak. Hidangan yang enak berasal dari bahan baku yang tepat. Jadi, memilih telur puyuh yang tepat saat berbelanja merupakan langkah yang krusial dalam membuat hidangan telur puyuh dengan cita rasa selangit.

      Pertama-tama, pilihlah telur yang masih utuh. Maksudnya, kulitnya mulus dan tidak terasa ada bekas retakan. Telur yang sudah retak isinya sudah terekspos dengan udara luar. Hasilnya, ia sudah tidak higienis lagi. Telur yang seperti ini juga rentan kebusukan. Jika dimasak, telur puyuh pasti akan berbau dan tidak sedap rasanya. Bukan hanya itu, ia juga akan berbahaya untuk perut dan tubuh kita.

       Kedua, jangan memilih telur yang berbau. Telur yang berbau menandakan kebocoran dalam cangkangnya. Kemungkinan, telur sedikit retak. Namun, karena ukurannya yang kecil, retakan tersebut jadi tidak terlihat. Alih-alih pecah, ia justru berbau.

      Ketiga, pilihlah telur yang bobotnya mantap sesuai dengan ukurannya. Apabila membeli telur yang terasa ringan, berarti telur sudah lama umurnya alias tidak segar lagi. Bisa jadi ia mendekati masa kebusukan atau bahkan sudah busuk. Telur yang ringan seperti ini tentu tidak bisa dipakai dalam masakan kita.

      Selain saat dipegang ia terasa ringan, telur puyuh ini juga bisa dites kesegarannya saat diletakkan di dalam air. Sama seperti saat mengetes telur ayam, telur yang tenggelam berarti masih segar. Sebaliknya, telur yang mengambang alias ringan berarti sudah busuk.

      Nah, itulah tips mudah untuk memilih telur puyuh saat berbelanja. Dengan membacanya, semoga Sobat SaSe bisa lebih teliti, ya, dalam memilih bahan baku masakan kita di rumah. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Tips Memilih Telur Puyuh Saat Berbelanja

Telur Puyuh Masak Petis

Tips Memilih Telur Puyuh Saat Berbelanja