Trik Membuat Tumis Telur Puyuh yang Lezat

By dina, Sabtu, 12 November 2016 | 17:00 WIB
Trik Membuat Tumis Telur Puyuh yang Lezat (dina)

      SajianSedap.com – Mari ikuti cara membuat tumis telur puyuh yang lezat ini di rumah kita. Olahan telur puyuh yang paling mudah untuk dibuat memang dengan cara tumisan ini. Agar rasanya semakin enak, tambahkan kecap manis ke dalam tumisan. Kecap manis memang merupakan salah satu bumbu yang paling pas kita padankan dengan telur puyuh. Sementara itu, bumbunya bisa beragam supaya ada banyak pilihan.

      Langkah membuat tumis telur puyuh yang lezat dimulai dari memilih telur puyuh dengan benar. Ciri-ciri telur puyuh yang baik dan masih segar  adalah masih utuh cangkangnya, tidak retak, dan tidak berbau. Selain itu, bobotnya juga pas dengan ukurannya. Apabila terlalu ringan atau mengambang saat dimasukkan ke dalam air, tandanya ia sudah membusuk.

      Setelah itu, rebuslah telur puyuh. Cara-caranya sama seperti merebus telur ayam biasa. Hanya saja, selama direbus, telur puyuh harus selalu diaduk agar kuning telurnya senantiasa berada di bagian tengah telur.

      Apabila telur telah matang, tunggu hingga dingin. Lalu, kupaslah telur. Mengupas telur puyuh ternyata tidak sama langkahnya dengan mengupas telur ayam. Pasalnya, bagian putih telur puyuh tidak setebal putih telur ayam. Retakkan dahulu sekeliling telur puyuh, lalu kupas hingga kulit lepas semua.

      Nah, biasanya, telur puyuh digoreng dahulu hingga berkulit sebelum ditumis agar lebih kuat dan tidak hancur. Sebelum menggorengnya, kerat-kerat sedikit kulitnya sehingga ia tidak meletus ketika digoreng. Goreng di dalam minyak panas sebentar saja asal berkulit. Telur puyuh pun siap digunakan.

      Agar lebih lezat, sandingkan telur puyuh dengan bahan-bahan pemberi rasa yang enak aromanya. Selain kecap manis, kita bisa menambahkan taoco agar terasa aroma fermentasi yang menggugah nafsu makan kita. Selain itu, kita bisa menambahkan bahan pengharum seperti serai, daun jeruk, hingga honje. Selain variasi bumbu, kita juga bisa menambahkan petai, tempe, tahu, kentang, atau sayuran agar ada tekstur tambahan yang menarik.

      Nah, itulah aneka trik membuat tumis telur puyuh yang lezat. Jangan lupa untuk mengikutinya di rumah, ya, Sobat SaSe. Pasti yang mencicipinya akan ketagihan. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Trik Membuat Tumis Telur Puyuh yang Lezat

Telur Puyuh Bumbu Rujak