Tips Memanggang Makanan dengan Tepat

By dina, Minggu, 13 November 2016 | 17:00 WIB
Tips Memanggang Makanan dengan Tepat (dina)

       SajianSedap.com – Inilah tips memanggang makanan dengan tepat agar hidangan kita pas matangnya. Memanggang makanan memberikan aroma bakaran yang enak dan warna cantik yang menggugah selera. Pasti keluarga dan teman-teman akan menyukainya.

       Masakan yang dipanggang berarti diekspos langsung di api panggangan. Sebaiknya, bahan makanan juga tidak terlalu tebal. Misalnya jika bahan tersebut adalah daging, gunakan yang potongannya tipis-tipis saja agar cepat matang hingga ke dalam.

       Jika memang makanan tersebut tebal dan tidak bisa ditipiskan, misalnya apabila bahan tersebut adalah ikan, maka makanan harus dikerat dan ditusuk-tusuk agar udara dan panas bisa masuk ke dalam bahannya.

       Nah, apabila bahan makanan tersebut tidak bisa dikerat atau ditusuk-tusuk, jalannya adalah merebus dahulu dengan air yang berbumbu hingga meresap dan bagian dalam makanan matang, alias diungkep. Barulah bahan makanan dimatangkan dengan cara dibakar. Selain berfungsi agar makanan matang sempurna saat dibakar, cara memasak ini juga berfungsi untuk meresapkan bumbu ke dalam bahan.

       Selain dengan diungkep, bahan makanan juga bisa direndam dengan bumbu. Namun, cara ini tidak akan terlalu berguna untuk meresapkan bumbu ke makanan apabila dilakukan dengan waktu singkat. Merendam makanan harus dalam rentang waktu yang lama agar bumbu bisa meresap.

       Jika makanan yang akan kita panggang adalah daging, pasti masalah utamanya adalah keempukan daging tersebut. Agar ia tidak keras, ada baiknya kita menggunakan baking powder dalam bumbu perendam daging tersebut supaya daging bisa cepat empuk.

       Dalam memanggang makanan pun kita harus meratakan panas dengan cara dibolak-balik. Panas yang intens di satu sisi tentu akan membuat makanan matang di satu bagian namun bagian lainnya masih mentah.

       Sekarang Anda tahu tips memanggang makanan dengan tepat, bukan? Yuk, terapkan di rumah untuk berbagai hidangan. Pasti suasana meja makan akan lebih berwarna. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Tips Memanggang Makanan dengan Tepat