Kesalahan Ini Membuat Bolu Panggang Cepat Keras

By dina, Kamis, 24 Mei 2018 | 15:16 WIB
Kesalahan Ini Membuat Bolu Panggang Cepat Keras (dina)

      SajianSedap.com – Sobat SaSe, hindari kesalahan berikut saat membuat bolu panggang. Pasalnya, kue tersebut bisa-bisa cepat keras. Padahal, idealnya bolu panggang bertekstur lembut dan tidak cepat keras.

      Bolu panggang yang dalam waktu tidak sampai sehari saja sudah mengeras menandakan adanya kesalahan dalam teknik pembuatan. Berikut ini adalah kesalahan umum yang bisa kita hindari.

Pemanggangan Terlalu Lama

      Bolu panggang tidak boleh dimatangkan terlalu lama. Pasalnya, proses pemanasan akan menyebabkan penguapan air secara berlebihan. Sementara itu, kadar air yang berkurang di dalam bolu panggang tentu saja menyebabkan bolu semakin keras.

Penyimpanan Kurang Tepat

      Bisa saja kue bolu panggang yang kita buat sudah benar dari segi tekniknya. Yang salah adalah cara penyimpanannya. Pasalnya, bolu panggang haruslah disimpan di tempat yang tepat agar kadar airnya tidak menguap. Simpan bolu di tempat yang kedap udara atau tertutup plastik.

Kurangnya Jumlah Cairan

      Jangan salah, biarpun kita mengikuti resep, ternyata kue bisa tetap kekurangan cairan, lho. Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh teknik pengolahannya yang salah.

      Yang paling sering kita temui adalah cara mencairkan margarin secara berlebihan. Banyak orang yang mencairkan margarin dalam waktu lama hingga ia benar-benar bening. Dengan begitu, air yang terkandung di dalam margarin, yang sebenarnya berfungsi untuk memberi kelembutan pada bolu panggang, jadi berkurang.

Bahan yang Tidak Sesuai Resep

      Terkadang, banyak orang menganggap bahwa penggunaan baking powder yang berlebihan dapat menyebabkan bolu kukus cepat keras. Padahal, bukan itu penyebabnya. Gunakanlah resep sebagaimana harusnya, lalu perbaiki kesalahan tekniknya. Mengurangi gula justru akan membuat kue cepat keras dan tidak cokelat warnanya. Mengurangi bakiong powder pun membuat kue bantat.

      Nah, itulah berbagai kesalahan yang membuat bolu panggang cepat keras. Jangan menyerah dalam belajar membuat kue ini, ya, Sobat SaSe. Belajar saja dari kesalahan teknik yang mungkin kita lakukan. (SP/DV)