Tiga Makanan Korea yang Wajib Kita Coba

By dina, Rabu, 16 November 2016 | 17:00 WIB
Tiga Makanan Korea yang Wajib Kita Coba (dina)

       SajianSedap.com – Makanan Korea yang wajib kita coba sebenarnya ada banyak, namun jangan sampai kita terlewat mencicipi tiga makanan Korea yang wajib kita coba di sana.

       “Jika kita mengikuti tur liburan ke Korea, tiga makanan ini hampir selalu jadi agenda wajib kunjungan kuliner. Selain rasanya cocok di lidah kita, fungsinya adalah untuk mengenalkan kuliner Korea autentik di tempat asalnya. Soalnya, memang banyak makanan Korea yang sulit kita temui di sini,” kata Chef Kiky Ceria pada acara Culinaria Modena bertema Korean Cooking Class 17 November 2016.

        Inilah tiga makanan Korea tersebut.

Samgyetang

       Makanan ini adalah sup ayam rempah-rempah dan beras hangat. Mengingat jenis makanannya yaitu sup hangat, mungkin kita akan berpendapat bahwa ini adalah makanan musim panas. Namun, ternyata di Korea samgyetang dinikmati di musim panas.

       “Soalnya, prinsip orang Korea itu melawan rasa panas dengan makanan panas, sebaliknya juga melawan rasa dingin dengan makanan dingin,” kata Chef Kiky.

      Samgyetang dibuat dengan cara merebus kuah dari jahe, lobak putih, gamcho (akar manis), dan hwanggi (akar kuning) hingga mendidih. Lalu, ayam yang telah diisi dengan beras putih, ketan putih, jujuba (kurma Korea), chestnut, ginseng, dan bawang putih direbus di dalam kuah tersebut. Beras turut dimasukkan ke kuah untuk mengentalkannya.

Galbi

       Ini merupakan hidangan iga sapi panggang ala Korea. Cita rasanya manis dan unik, beda dengan bulgogi yang cita rasanya gurih sehingga jadi makanan yang terkenal di Indonesia. Iga dimarinasi dengan gochujang, kecap asin, beef pwder, gula pasir, lada hitam, sirup beras, minyak wijen, serta bawang-bawangan halus selama semalaman, lalu dipanggang dengan api kecil hingga matang. Ia disajikan dengan kimchi dan nasi putih.

Dakgaenjong

       Nah, inilah salah satu makanan Korea yang paling terkenal di Indonesia. Dakgaenjong alias ayam goreng Korea adalah salah satu cara orang Korea mengenalkan cita rasa makanannay ke dunia. Walau ayam goreng tepung merupakan pengaruh dari Amerika, bumbu yang digunakan adalah bumbu-bumbu khas Korea seperti gochujang, ssleyolt (gula beras), minyak wijen, dan kecap asin.

       Itulah tiga makanan khas Korea yang wajib kita coba. Walau ada yang jarang ditemukan di sini, cita rasanya cocok, lho, dengan lidah kita. (DV)