Yuk, Belajar Membuat Muffin Buah Sendiri

By dina, Sabtu, 19 November 2016 | 17:00 WIB
Yuk, Belajar Membuat Muffin Buah Sendiri (dina)

      SajianSedap.com – Membuat muffin buah sendiri ternyata tidak sulit caranya. Ia bisa digolongkan ke dalam roti atau cake. Orang menyebutnya quick bread atau simple cake, karena ia memang mudah dibuat dan bisa selesai dalam waktu yang cepat. Ia tidak dibuat dengan ragi, oleh karena itu, tidak perlu waktu lama untuk membuatnya. Muffin punya banyak jenis dan salah satunya adalah muffin buah.

      Ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam membuat kue ini. Ada adonan yang terdiri dari margarin/mentega, tepung, gula, dan telur diaduk jadi satu. Ada pula adonan yang terdiri dari margarin/mentega dikocok seperti buttertype, tetapi tepung yang ditambahkan lebih padat. Pun ada adonan yang diaduk jadi satu, tapi tidak menggunakan margarin/mentega. Sebagai gantinya, kita menggunakan minyak.

      Yang perlu diperhatikan adalah pembuatan dengan metode pangadukan jadi satu. Jangan aduk adonan terlalu kuat atau lama supaya pori-porinya tidak besar.

      Buah yang digunakan dalam pembuatan muffin antara lain pisang, apel, stroberi, dan beri yang lain. Kita juga bisa menggunakan nanas, jeruk, dan mangga. Buahnya bisa segar dalam bentuk potongan, juga bisa dijus dulu baru dicampur ke adonan. Pun ia juga bisa digunakan dalam bentuk selai atau filling (olahan buah yang sudah diolah untuk isian kue atau pai).

      Walau ia bisa dikategorikan sebagai cake, sebenarnya muffin dan cake punya perbedaan sendiri-sendiri. Muffin jauh lebih keras dan mawur daripada cake, soalnya ia menggunakan telur yang sangat sedikit. Seringkali untuk 200 gram tepung terigu, ia hanya menggunakan 1-2 butir telur.

     Apabila Anda menganggap bahwa kue dengan sedikit telur seperti ini akan sulit mengembang, itu bisa diakali dengan penggunaan baking powder yang banyak. Penambahan buah akan membuat muffin lebih lembab dan lembut rasanya. Buah dengan cita rasa yang asam manis, membuat muffin terasa lebih segar.

      Nah, itulah hal yang harus kita perhatikan saat membuat muffin buah. Yuk, coba di rumah. (SP/DV) FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Yuk, Belajar Membuat Muffin Buah Sendiri

Muffin Pisang

Yuk, Belajar Membuat Muffin Buah Sendiri