Perhatikan Hal Ini Saat Membuat Cake Bersantan

By dina, Sabtu, 19 November 2016 | 17:00 WIB
Perhatikan Hal Ini Saat Membuat Cake Bersantan (dina)

      SajianSedap.com – Jika ingin membuat kue yang lain dari yang lain, mari ikuti tips membuat cake bersantan berikut ini. Komponen pembuatan cake umumnya terdiri dari telur, gula pasir, tepun terigu, dan margarin. Namun, oleh masyarakat kita yang gemar gurih, margarin seringkali diganti sebagian atau seluruhnya dengan santan. Rasanya mmemang jadi lebih gurih. Jadi, mari kita lihat cara membuat cake bersantan berikut ini.

Jenis Santan

      Santan untuk pembuatan cake biasanya adalah santan yang cukup kental karena penggunaannya tidak banyak. Misalnya, untuk 50 ml santan, biasanya digunakan setengah butir kelapa. Jadi, pilih kelapa yang agak tua agar santannya banyak dan kental. Kita juga bisa menggunakan santan instan. Nah, santan instan ini tidak perlu lagi kita campur dengan air.

Agar Cake Gurih

      Agar terasa lebih gurih, cake bersantan lebih baik kita tambahkan dengan sedikit garam.

Metode Pembuatan Cake

       Cake bersantan lebih baik dibuat dari adonan sponge cake, yaitu pembuatan cake yang diawali dengan pengocokan telur dan gula sampai mengembang lalu bahan lain dimasukkan secara bertahap.

      Anda boleh menggunakan buttertype cake. Tetapi, rasanya akan terlalu gurih karena sudah banyak menggunakan margarin/mentega.

      Cake bersantan juga bisa dibuat dengan metode chiffon cake. Kuning telur diaduk bersama bahan lainnya, lalu dicampur dengan bahan kering. Sementara putih telur dikocok terpisah sebelum akhirnya dicampur ke dalam kuning telur.

Variasi Cake Bersantan

      Jenis Gula. Cake bersantan selalu mengingatkan kita pada cake yang lebih tradisional. Karena itu, tidak ada salahnya mengganti gula pasir dengan gula merah supaya kesan tradisionalnya muncul.

      Menambahkan Tape. Tape dan santan sangat serasi rasanya, juga di dalam cake.