Tips Membuat Keripik Kentang Renyah

By dina, Sabtu, 19 November 2016 | 17:00 WIB
Tips Membuat Keripik Kentang Renyah (dina)

      SajianSedap.com – Mari belajar membuat keripik kentang yang enak. Kue kering tradisional kita dibuat dengan cara digoreng, bukan dioven. Hasilnya renyah sekaligus gurih karena bersentuhan dengan minyak selama digoreng. Banyak jenis kue kering digoreng yang bisa dibuat, antara lain kue kering kentang. Kue kering kentang lebih enak digigit daripada kue kering dengan bahan dasar selain kentang.

      Untuk membuat keripik kentang seperti ini, kita harus memilih bahan baku yang baik. Pilih jenis kentang berdasarkan kadar airnya. Kentang dengan kadar air yang tinggi tetap bisa digunakan dalam pembuatan kue kering, namun penggunaan airnya harus dikurangi.

      Sebelum digunakan, kentang harus dimatangkan terlebih dahulu. Matangkanlah kentang dengan cara dikukus, bukan direbus supaya kentang tidak menyerap air. Kukus kentang dalam keadaan masih berkulit. Tujuannya juga agar kentang tidak menyerap air.

      Setelah matang, haluskanlah kentang menggunakan garpu. Kita tidak disarankan untuk menumbuknya supaya pati kentang tidak keluar dan membuat adonan menjadi lengket.

      Dalam mengadoni keripik, cukup aduk dengan pastry blender atau diuleni dengan jari, bukan telapak tangan.  Jangan mengadoni keripik sampai kalis. Biarkan saja adonan dalam bentuk mawur lalu gumpalkanlah untuk memudahkan penggilingan.

      Menggiling adonan bisa dilakukan manual menggunakan rolling pin. Tetapi, sulit mendapatkan adonan yang tipis sekali sehingga keripik jadi kurang renyah. Menggiling di gilingan mi lebih baik karena  rata ketebalannya dan lebih praktis.

      Cara menggiling kentang pun harus diperhatikan agar dihasilkan keripik yang mulus dan rapi. Giling selalu dari ukuran yang paling besar. Pada awal menggiling, adonan yang mawur akan muali menyatu, tetapi akan sobek-sobek. Ulangilah beberapa kali sampai licin. Lalu, kurangi ukuran gilingan satu nomor.

      Giling kembali beberapa kali sampai licin. Begitu seterusnya, setiap kali adonan sudah licin dan tidak sobek, ukuran gilingan dikurangi satu nomor sampai diperoleh lembaran yang mulus.

      Nah, keripik kentang ini bisa kita kembangkan dengan menambahkan keju, kacang, bawang putih, ebi, kornet, dan taburan bubuk kentang goreng. Pasti rasanya akan sangat lezat.

      Itulah tips yang bisa kita ikuti dalam membuat keripik kentang renyah dan gurih. Yuk, kita ikuti di rumah. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP