Membuat Saus Pesto Sederhana, Tidak Perlu Ribet!

By dina, Selasa, 22 November 2016 | 17:00 WIB
Membuat Saus Pesto Sederhana, Tidak Perlu Ribet! (dina)

      SajianSedap.com – Yuk, belajar membuat saus pesto sederhana. Saus pesto yang  paling terkenal dan dianggap sebagai versi terbaiknya, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia adalah pesto alla genovese. Pesto ini terbuat dari daun basil, keju keras seperti parmigiano-reggiano, bawang putih, kacang pinus, dan extra virgin olive oil. Bahan-bahan tersebut berharga cukup mahal dan cukup sulit ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, umumnya makanan yang memakai saus pesto di restoran berharga cukup tinggi.

      Namun, jangan putus asa apabila ingin membuat saus pesto sendiri di rumah. Soalnya, ternyata pesto bisa, lho, kita buat dari bahan-bahan sederhana. Yang penting, inti dan esensi dari saus pesto ada di saus buatan kita.

       Chef Gino Campagna, seorang celebrity chef dari Los Angeles dengan spesialisasi makanan Italia mengatakan bahwa esensi dari pesto sebenarnya adalah proses dan rasanya. Pesto merupakan kata dalam bahasa Italia yang berarti menumbuk atau mengulek dalam bahasa Indonesia. Jadi, saus yang dibuat dengan cara tersebut, bisa dikatakan pesto.

      “Bahan utama pesto biasanya berupa daun-daunan hijau. Memang yang paling populer menggunakan daun basil. Namun, kita bisa menggunakan bayam, peterseli, atau daun ketumbar.,” kata Chef Gino.

      Daun-daunan kemudian ditumbuk menggunakan ulekan bersama dengan bawang putih. Bawang putih adalah sumber aroma utama dalam saus pesto. Untungnya, ia bisa dengan mudah dicari di Indonesia. Jadi, jika ingin membuat saus pesto sederhana, jangan lupa untuk menambahkan bahan ini.

      Keju yang digunakan dalam saus pesto umumnya adalah keju keras seperti parmigiano-reggiano. Namun, jika kita tidak bisa menemukannya, kita bisa menggunakan keju keras lainnya seperti keju parmesan dan pecorino.

      Sementara itu, unsur renyah dalam pesto alla genovese biasa didapatkan dari kacang pinus. Sekali lagi, menurut Chef Gino Campagna, unsur ini bisa kita dapatkan dari kacang apa saja.

      Syarat utama dalam pembuatan saus pesto adalah penyatu berupa minyak zaitun. Karena saus ini tidak dimasak, akan sangat baik apabila kita menggunakan minyak zaitun jenis extra virgin olive oil karena kualitasnya yang tinggi. Pasalnya, minyak zaitun jenis lainnya akan lebih cocok apabila digunakan untuk memasak.

       Nah, itulah hal yang bisa kita perhatikan dalam membuat saus pesto sederhana. Tidak ada aturan pastinya, yang penting rasanya pas dengan cita rasa di lidah kita. Yuk, buat di rumah. (DV)

FOTO: BBCGOODFOOD.COM

Baca juga: