Cara Membuat Gnocchi Kentang ala Italia

By dina, Selasa, 22 November 2016 | 17:00 WIB
Cara Membuat Gnocchi Kentang ala Italia (dina)

      SajianSedap.com – Jika ingin makan hidangan sederhana namun tetap fancy ala restoran, tidak ada salahnya mempelajari cara membuat gnocchi kentang ala Italia. Gnocchi merupakan sejenis pangsit yang terbuat dari tepung, kentang, dan telur. Pangsit ini biasa disajikan dengan berbagai saus.

      Chef Gino Campagna, seorang celebrity chef dari Los Angeles dengan spesialisasi makanan Italia mengatakan bahwa membuat gnocchi kentang ala Italia sebenarnya tidak sulit. Bahkan, tidak ada aturan yang pasti di dalam pembuatannya.

      “Jika adonan sudah bisa dibentuk, maka sudah pas,” kata Chef Gino.

      Chef kelahiran Parma, Italia ini mengatakan bahwa resep gnocchi saja tidak pasti. Sebab, penggunaan bahan baku di Italia cukup musiman. Bahkan, keadaan cuaca dan iklim saja mempengaruhi keadaan kentang. Jika sedang banyak turun hujan, kentang yang dihasilkan tentu tidak seberpati kentang yang dipanen di musim panas.

      “Padahal, gnocchi akan paling pas apabila dibuat dari kentang yang kadar patinya tinggi. Contohnya adalah kentang russet,” kata Chef Gino.

      Untuk membuat gnocchi, kentang direbus dan dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi kentang tumbuk alias mashed potato. Kemudian, ia dicampur dengan tepung. Untuk menyatukannya, digunakanlah telur ayam.

      “Campuran tersebut diadoni hingga menjadi adonan yang lembut namun menyatu. Karena bergantung dengan keadaan kentang, maka di Italia tidak ada resep pastinya. Jadi, membuat gnocchi yang lembut dan mengembang sebenarnya membutuhkan banyak pengalaman,” kata Gino Campagna.

      Gino juga menambahkan bahwa semakin banyak kentang, maka gnocchi akan semakin lembut. Sementara itu, semakin banyak tepung, gnocchi akan semakin kenyal. Gnochhi dibentuk dengan cara mengadoninya jadi panjang. Kemudian, ia dipotong sebesar ibu jari. Bentuk gnocchi yang berulir didapatkan dengan cara memipihkan adonan kemudian menempelkannya di garpu. Adonan kemudian digulung sehingga terbentuklah bentuk ibu jari dengan ciri khasnya yang berulir. Selama membentuk, adonan ditaburi dengan tepung, sama seperti membuat pasta.

      Adonan yang telah dibentuk pun direbus hingga mengembang dan mengapung. Jika sudah matang, gnocchi siap disajikan dengan dicampur dengan saus.

      “Gnocchi cocok disajikan dengan berbagai saus. Saus yang ringan seperti mentega dan keju atau saus pesto cocok dengan gnocchi. Namun, saus yang berat seperti saus daging pun cocok,” kata Chef Gino.

      Bagaimana, Sobat SaSe, tertarik membuat gnocchi kentang ala Italia sendiri di rumah? Caranya mudah, teksturnya juga unik. Dengan bumbu yang enak, ia bisa jadi santapan siang atau malam yang sedap. (DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP