Tips Membuat Ceker Setan Ala Warung Makan

By dina, Sabtu, 9 September 2017 | 07:45 WIB
Tips Membuat Ceker Setan Ala Warung Makan (dina)

      SajianSedap.com – Ikutilah tips membuat ceker setan ala warung makan yang sering kita lihat di berbagai kota, terutama di daerah Jawa Timur sana. Perpaduan antara lembut dan meresapnya bumbu pada ceker serta rasa pedas yang super menggigit membuat kita ketagihan ingin terus mencobanya.

      Pertama-tama, dalam membuat ceker setan, pilihlah bahan baku yang benar. Karena dalam menu ini, daging cekernya lah yang dinikmati, pilih ceker ayam negeri yang dagingnya lebih tebal. Lalu, bersihkan ceker baik-baik. Potong kuku ceker lalu buang lapisan kulit yang masih menempel di ceker (biasanya berwarna kuning). Buang bagian yang keras di telapak ceker. Sikat ceker dengan sikat gigi sampai ke sela-sela jari kakinya.

      Kerat-kerat kaki ayam agak dalam untuk tempat meresapnya bumbu. Belah dua ceker memanjang, lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam agar hilang aroma amisnya. Bumbu utama dari ceker setan tentulah tumbukan kasar cabai-cabaian, terutama cabai merah keriting dan cabai rawit. Ia diulek adalah bawang merah dan bawang putih. Selain tumbukan cabai, kita bisa menambahkan bumbu yang bisa mendampingi rasa bahan utamanya seperti kecap manis, serai, lengkuas, maupun daun jeruk.

      Untuk membuat ceker setan ini, ceker bisa ditumis dulu di dalam bumbu pedas, lalu dimasak di dalam presto. Tetapi cara ini membuat peresapan bumbu kurang. Karena itu bila ceker akan direbus dalam presto, rendam dulu di dalam bumbu agak lama. Agar daging ceker mudah terlepas, tambahkan satu dua tetes cuka ke dalam air yang digunakan untuk merebus ceker. Jika ingin ceker yang lebih meresap rasanya, kita bisa menumis dahulu ceker dengan bumbu hingga matang. Lalu, tambahkan air dan masak hingga airnya surut. Rasa bumbunya tentu akan lebih meresap walau tidak kita presto.

       Nah, itulah tips yang bisa kita ikuti dalam membuat ceker setan ala warung makan. Mari kita coba membuatnya di rumah. (SP/RJL/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Tips Membuat Ceker Setan Ala Warung Makan

Oseng-Oseng Mercon

Tips Membuat Ceker Setan Ala Warung Makan

Sup Ceker Pedas

Tips Membuat Ceker Setan Ala Warung Makan

Ceker Pedas Manis